Membangun Desa, Pemprov Kalsel Kembali Gaungkan Lomba Inovasi TTG Berbasis Mitigasi Bencana

Suasana Pembukaan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Berbasis Mitigasi Bencana Tingkat Provinsi Kalsel, Banjarmasin, Senin (15/5/2023). MC Kalsel/Ar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kembali menggaungkan inovasi desa melalui kegiatan lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) berbasis mitigasi bencana, guna membangun desa dengan karya.

“Hal ini sesuai instruksi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor agar kami selalu bergerak dalam memajukan desa dan juga tentunya tidak lepas dari kinerja terbaik dari aparat Dinas PMD kabupaten/kota,” ucap Kepala Dinas PMD Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah, Banjarmasin, Senin (15/5/2023).

Disampaikan Faried, dari lomba ini untuk memotivasi para inovator desa dalam menghasilkan teknologi berbasis mitigasi bencana sekaligus kontribusi Ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi (Iptekin).

“Sehingga dari lomba inovasi TTG dapat memperkenalkan sepak terjang Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) yang tersebar di Kalsel dalam berinovasi membangun desa dengan karya,” ungkap Faried.

Faried menjelaskan, inovasi TTG merupakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan mudah dimanfaatkan oleh masyarakat, tidak merusak lingkungan, dan dapat menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi.

“Maka dari itu, lomba inovasi TTG untuk menjaring teknologi yang ada sesuai dengan kebutuhan masyarakat berbasis mitigasi bencana,” sebut Faried.

Faried pun melanjutkan, memang dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi memberikan wacana informasi terkait pelaksanaan TTG nasional dan meminta kepada seluruh Dinas PMD Provinsi untuk menginventarisasi TTG terbaik di daerahnya.

“Sehingga dari kegiatan lomba inovasi ini dapat menghasilkan TTG terbaik di tingkat Provinsi Kalsel,” tutur Faried. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai