Pemprov Kalsel Giatkan Latihan Kapasitas Kesigapan Relawan 

Relawan Penanggulangan Bencana melakukan pelatihan Dasar Pertolongan Pertama Pada Gawat Darurat. Dok

Sigap Bergerak dan Melayani tagline ini menjadi spirit bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan dalam setiap menunaikan tugas.

Salah satu upaya meningkatkan kesigapan itu adalah giat membekali para pegawai maupun relawan untuk meningkatkan kapasitas profesionalisme.

Bertempat di Aula BPBD Provinsi Kalsel, Sabtu (13/5/2023), Relawan Penanggulangan Bencana melakukan pelatihan Dasar Pertolongan Pertama Pada Gawat Darurat.

Latihan ini sebagai dasar para relawan untuk bertugas di lapangan. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan mempersiapkan tenaga relawan penanggulangan bencana dengan bekal pengetahuan terkait kebencanaan. 

Menurut Mansyah selaku Koordinator Relawan pada BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, kegiatan ini merupakan sebuah langkah awal bagi para relawan penanggulangan bencana untuk bekal ketika bertugas di lapangan.

“Dan kalau memungkinkan, kita laksanakan secara umum, baik dari organisasi di dalam lingkup BPBD maupun organisasi serta relawan di luar BPBD,” tuturnya.

Kegiatan ini sebenarnya sudah dijalankan dari akhir tahun 2022.  Namun dalam saat status darurat bencana kegiatan latihan rutin digantikan dengan kegiatan lainnya yang menyangkut dengan status darurat bencana tersebut.

“Pelatihan yang sudah terlaksana saat ini diantaranya dasar Vertikal Rescue dan dasar Water Rescue yang berlangsung saat ini adalah Dasar PPGD. Lalu pada minggu depan diagendakan untuk materi lanjutan dari Pertolongan Pertama Gawat Darurat,” ucapnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai