Layanan Pusling, Pemprov Kalsel Terus Promosikan Minat Baca

Mobil Pusling di Kabupaten HSU.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel terus bergerak mempromosikan minat baca kepada masyarakat Banua.

Mengerahkan empat unit mobil perpustakaan kelilingnya, tim perpustakaan keliling Dispersip Kalsel inipun roadshow ke Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Tim Mobil Perpustakaan Kelilig (Pusling) ini menyasar beberapa sekolah di dua kecamatan, diantaranya Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sungai Dalam 1 dan SDN Kalumpang Luar di Kecamatan Babirik, serta SDN Pandamaan 1 dan 2, dan SDN Danau Panggang di Kecamatan Danau Panggang.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan, roadshow ke sekolah-sekolah di kabupaten ini merupakan agenda rutin Dispersip Kalsel untuk membumikan minat baca kepada generasi muda di Banua sesuai arahan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

“Selain itu upaya ini juga dilakukan untuk mewujudkan misi Pemerintah Provinsi Kalsel dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur,” kata Nurliani, Banjarmasin, Sabtu (13/5/2023).

Nurliani menambahkan, roadshow tersebut dalam rangka meningkatkan minat baca dan Indeks Pembangunan Literasi (IPL) di Provinsi Kalsel, termasuk di HSU.

“Alhamdulillah setiap roadshow mobil perpustakaan keliling, animo para murid cukup tinggi, bahkan mereka ingin kami kembali datang di lain waktu,” tutur Nurliani.

Kepala SDN Kalumpang Luar Erwin Syamsaihan, menyambut gembira kedatangan tim ini, yang diinginkan dapat meningkatkan minat baca generasi muda.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dispersip Kalsel dan Kabupaten HSU yang sudah berkunjung ke tempat kami. Anak-anak sangat senang karena banyak jenis buku yang bisa mereka baca,” jelas Erwin.

Tim Pusling juga ikut berpartisipasi pada Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten HSU, yang puncaknya dilaksanakan pada Kamis (11/05) lalu. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai