Rakerda Urusan Kominfo Percepat Digitalisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Kepala Diskominfo Kalsel, Muhamad Muslim. MC Kalsel/Jml

Dalam rangka meningkatkan sinergi dan kolaborasi berbagai program yang berkaitan dengan tiga urusan yakni Informasi Komunikasi Publik, Persandian dan Keamanan, serta urusan Statistik, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel akan melaksanakan Rapat Kerja Daerah dimulai pada 8-10 Mei mendatang.

Rakerda yang mengusung tema “Era Digitalisasi Menuju Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik” akan menghadirkan sejumlah narasumber dari kementerian/lembaga terkait seperti, Kemendagri, Kemen PAN-RB, Kemkominfo, BSSN, dan Badan Pusat Statistik.

“Lewat Rakerda tersebut, kita akan menyusun berbagai program dan kegiatan yang akuntabel, tepat, dan terarah dalam penyusunan program 2024, baik provinsi maupun kabupaten/kota yang berfokus pada tiga urusan tersebut,” kata Muslim, Banjarbaru, Minggu (7/5/2023).

Muslim menambahkan, ketiga urusan tersebut memiliki peranan penting dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), untuk itulah Diskominfo baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota harus mengawal ketiga urusan tersebut agar SPBE di Banua benar-benar berjalan.

“Diskominfo memiliki tugas yang cukup berat, terlebih dalam mengawal jalannya SPBE. Dengan berjalannya SPBE nanti diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik, sistem keamanan dan persandian pemerintahan, serta komunikasi dan informasi publik pemerintah kepada masyarakat terkait kinerja yang telah dilakukan,” tutur Muslim.

Pada pelaksanaan Rakerda tersebut, Muslim menuturkan juga akan melaksanakan sejumlah kegiatan, seperti evaluasi LAPOR, Forum Komunikasi LAPOR, Workshop Literasi Penyelenggaraan SPBE, Media Training, Workshop Kehumasan, serta Pengembangan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) bagi kabupaten/kota.

“Sejumlah kegiatan tersebut juga sebagai salah satu upaya dari Pemprov Kalsel untuk meningkatkan SDM dalam menjalankan SPBE ini,” ujar Muslim. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai