Gubernur Kalsel Hadiri Haul Datu Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menghadiri peringatan Haul Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kelampayan) ke-217 yang diselenggarakan di Masjid Tuhfaturroghibin Desa Dalam Pagar Ulu Kabupaten Banjar, Kamis (27/4/2023).

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor menghadiri peringatan Haul Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kelampayan) ke-217 yang diselenggarakan di Masjid Tuhfaturroghibin Desa Dalam Pagar Ulu Kabupaten Banjar, Kamis (27/4/2023).

Dalam sambutan, Sahbirin Noor memberikan apresiasi kepada Datu Kelampayan, sehingga di masa kepemimpinan tersisa akan dilakukan pembangunan masjid dan perbaikan jalan menuju makam beliau.

“Kita akan membangun masjid besar di kota Banjarbaru yang dinamakan dengan nama masjid Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary,” kata Sahbirin Noor.

Kemudian juga, pemerintah nantinya akan melakukan perbaikan atau menembuskan jalan ke arah Kalampayan dan bangunan siring.

Haul kali ini banyak didatangi oleh masyarakat yang bahkan ada dari luar provinsi lain. Banyaknya jemaah menghadiri haul merupakan sosok ketokohan dari Datuk Kelampayan, sebagaimana riwayat semasa hidupnya yang luar biasa.

“Salah satu karya beliau yakni menulis kitab yang berjudul Sabilal Muhtadin, yang sekarang dinamakan masjid raya Sabilal Muhtadin yang berada di Kota Banjarmasin,” tuturnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai