Gubernur Kalsel Arahkan Dishub Lakukan Ramp Check Angkatan Umum Jelang Mudik 2023

Petugas Dishub lakukan ramp check bus BRT Banjarbakula. MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalsel melaksanakan ramp check persiapan mudik lebaran untuk kendaraan angkutan umum antar Kabupaten/Kota dalam provinsi di Terminal Tipe B Banjarmasin dan Bus BRT Banjarbakula di pool bus BRT Banjarmasin.

“Sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin, kegiatan ini bertujuan memberikan keselamatan dan kenyamanan untuk pengguna angkutan umum jelang dan sesudah mudik 2023. Ramp check sudah dilakukan dari kamis (6/4) sampai 14 April mendatang,” kata Kepala Dishub Kalsel, M Fitri Hernadi, Banjarmasin, Senin (10/4/2023).

Fitri mengatakan, dari hasil ramp check yang dilaksanakan beberapa masih ditemukan angkutan yang belum direkomendasikan untuk beroperasi, namun juga tidak sedikit yang layak untuk beroperasi.

“Angkutan yang belum mendapat rekomendasi tetap diberikan kesempatan dengan memenuhi persyaratan yang ada dan akan dilakukan pemeriksaan kembali,” ujar Fitri. 

Fitri menyebutkan, pemeriksaan meliputi ban, kelengkapan kendaraan, sistem penerangan, roda kemudi, kondisi badan kendaraan, pemecah kaca, sistem pengereman, segitiga pengaman, pintu darurat dan jendela darurat serta kondisi pengemudi yang wajib memenuhi syarat atau layak operasi. 

“Jadi masih ada waktu untuk pemilik angkutan agar dapat memperoleh rekomendasi layak jalan jika telah memenuhi syarat yang telah ditentukan petugas,” jelas Fitri. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai