Kota Banjarmasin Raih Juara Umum Pada Portrada Kalsel 2023

Juara pada even Pekan Olahraga Tradisional Daerah (PORTRADA) Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023 di Gor Hasanuddin Banjarmasin, Sabtu (18/3/2023). MC Kalsel/tgh

Kota Banjarmasin berhasil keluar sebagai juara umum dalam event Pekan Olahraga Tradisional Daerah (PORTRADA) Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023.

Kegiatan Portrada Kalsel resmi dibuka perdana pada 15 Maret 2023 dengan mempertandingkan lima macam induk organisasi olahraga (Inorga) yaitu Sumpitan, Enggrang, Balogo, Terompah Panjang dan Hadang dan ditutup pada 17 Maret 2023 di Gor Hasanuddin HM. 

“Sebagai juara umum dengan perolehan medali terbanyak diraih Kota Banjarmasin,” Kata Kadispora Kalsel, Hermansyah melalui Kabid Pembudayaan Olahraga, Budiono (18/3/2023).

Budiono mengatakan, sesuai kesepakatan bersama Dispora, Kormi dan Inorga, bahwa yang menjadi terbaik dalam pekan olahraga tradisional ini akan berangkat mewakili Kalsel dalam ajang nasional.

“Para pemenang dalam Portrada ini akan diberangkatkan di Fornas ke 7 Jawa Barat pada Juli 2023 mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Tradisional dan Layanan Khusus, Rijal Hamid menyampaikan dari lima Inorga yang dipertandingkan, Balogo paling banyak diminati peserta.

Secara keseluruhan animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan olahraga tradisional ini cukup besar dan lebih dari 700 pegiat di Kalsel yang ikut berpartisipasi.

“Potensi para atlet juga sangat luar biasa dari kabupaten/kota. Bisa kita lihat sendiri para juara memang yang terbaik dari yang baik di Kalsel,” kata Rijal.

Oleh karena itu, melihat animo masyarakat dari 5 Inorga yang dipertandingkan ini cukup besar. 

“Ke depannya tidak menutup kemungkinan Dispora akan mengelar lebih banyak Inorga lainnya,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai