Lestarikan Olahraga Tradisional, Portada Resmi Digelar

Plt Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Subhan Noor Yaumil didampingi Kadispora Kalsel, Hermansyah memainkan permainan balogo pada acara Pekan Olahraga Tradisional Daerah (Portada) Provinsi Kalsel resmi digelar di Gor Hasanuddin, Banjarmasin, Rabu (15/3/2023). MC Kalsel/tgh

Pekan Olahraga Tradisional Daerah (Portada) Provinsi Kalsel resmi digelar di Gor Hasanuddin, Banjarmasin mulai tanggal 15-18 Maret 2023.

Event ini merupakan yang pertama digelar di Kalsel, dengan mempertandingkan lima macam olahraga tradisional yaitu Sumpitan, Enggrang, Balogo, Terompah Panjang dan Hadang.

Portada dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui Plt Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Subhan Noor Yaumil dengan ditandai permainan balogo.

Dikesempatannya, Subhan Noor Yaumil mengatakan, kegiatan Potrada ini untuk menggelorakan olahraga tradisional, agar tidak tergerus oleh kemajuan zaman.

“Jadi kita gelorakan olahraga tradisional ini ke semua masyarakat dan generasi muda agar mereka dapat melestarikannya,” kata Subhan.

Menurutnya, melalui permainan ini dapat menjadi ajang bernostalgia mengingat masa lalu (anak-anak).

“Ini bentuk kepedulian Pemerintah dalam melestarikan permainan tradisional Kalsel,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah mengatakan animo masyarakat di Kalsel yang mengikuti event ini luar biasa dengan total 900 peserta dari 13 Kabupaten/Kota se Kalsel.

“Melihat animo masyarakat kita berbangga. Nanti kita akan seleksi para pegiat-pegiat olahraga untuk diikutkan ke ajang nasional,” kata Hermansyah.

Kegiatan ini diharapkan menjadi tahapan para atlet untuk berprestasi membawa nama harum Kalsel pada Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (Potradnas) nantinya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai