Biro Adpim Kalsel Gelar Pelatihan Penyusunan Naskah Pidato Pimpinan

Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Berkatullah membuka Workshop Penyusunan Naskah Sambutan/Pidato Pimpinan di aula Bappeda Provinsi Kalsel di Banjarbaru, Rabu (15/3/2023).

Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Berkatullah membuka Workshop Penyusunan Naskah Sambutan/Pidato Pimpinan di aula Bappeda Provinsi Kalsel di Banjarbaru.

150 peserta terdiri dari perwakilan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kalsel mengikuti workshop tersebut yang mengangkat tema, “Penguatan Komunikasi Pimpinan melalui Pidato”.

“Komunikasi pimpinan dalam pemerintahan sangat erat hubungannya dengan seorang pemimpin dalam hal ini Gubernur, Wakil Gubernur kemudian Sekda dan kepala SKPD, bagaimana berkomunikasi dengan masyarakat melalui pidato, melalui narasumber, melalui berbagai sarana komunikasi lainnya,” sebut Berkatullah, Rabu (15/3/2023).

Pelatihan ini dilakukan agar jajaran SKPD dapat memahami dan terlibat langsung dalam proses pembuatan naskah sambutan/pidato, sehingga hasilnya bisa lebih matang, hal ini disebutkan untuk menghindari kesalahan tafsir ataupun kesalahan arti maupun makna yang disampaikan oleh jajaran SKPD.

Prosedur pembuatan naskah sambutan/pidato dijelaskan berawal dari koordinasi bersama tim, selanjutnya konseptor, korektor, kemudian pimpinan. Keterlibatan jajaran SKPD disebutkan sebagai bagian koordinasi yang memberikan bahan informasi dan data yang selanjutnya dikelola oleh tim konseptor.

Beberapa poin menjadi catatan penting sehingga pelatihan ini dilaksanakan, di antaranya sebagai persiapan sambutan/pidato pimpinan yang baik sesuai ketentuan, sebagai sarana komunikasi pimpinan kepada masyarakat, kemudian dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya (fakta, regulasi, dan data).

“Selanjutnya naskah sambutan/pidato dapat menjadi rujukan masyarakat dan juga kepada Media massa, serta peningkatan kemampuan organisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM),” tutupnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang telah berpengalaman di bidang tersebut, diawali dengan Paparan Kepala Biro Adpim, Berkatullah yang disusul oleh, Kepala Bagian Komunikasi Pimpinan, Widy Gunawan selanjutnya menghadirkan Penulis dan Korektor sambutan/pidato di Pemprov Kalsel selama 19 tahun, Jumri, selanjutnya dari Tim Pidato Sekretariat Wakil Presiden RI, Muchammad Zulkarnain. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai