Bimtek Penyusunan RPB, Membawa Manfaat Penanggulangan Bencana Kalsel

Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Provinsi Kalsel 2023 di salah satu hotel di Banjarmasin, Senin (6/3/2023). 

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar yang diwakilkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Asisten III Bidang Administrasi Umum, Subhan Nor Yaumil  menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Provinsi Kalsel 2023, dalam rangka upaya Pemprov Kalsel menurunkan Indeks Risiko Bencana.

“Di tengah kondisi beberapa wilayah dan sebagian saudara kita yang sedang mengalami musibah bencana banjir saat ini, semoga kegiatan ini membawa manfaat terhadap penanggulangan bencana yang cepat dan tepat, khususnya di Kalsel,” kata Subhan Nor Yaumil, di salah satu hotel di Banjarmasin, Senin (6/3/2023). 

Mengingat penanganan bencana merupakan tanggung jawab bersama, urgensi kegiatan kali ini, sebagai bagian dari kegiatan pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana, terutama dalam penyusunan RPB. 

Sebagai dokumen wajib bagi pemerintah daerah, maka penting bagi pemerintah kabupaten/ kota se-Kalsel memahami teknis penyusunan dokumen guna meningkatkan penanganan bencana yang efektif dan efisien sesuai ketentuan yang berlaku.

“Dalam rangka mitigasi bencana, diperlukan upaya secara terencana dan terpadu, dengan koordinasi lintas sektoral dengan instansi terkait, TNI/Polri, relawan serta masyarakat agar tugas dan tanggung jawab penanganan bencana dapat terpetakan dengan baik,” pungkasnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai