Dinaskop dan UKM Kalsel Gelar Pelatihan Wirausaha Pemula dan Pelatihan Desain Pengemasan Produk

60 Pelaku Wirausaha Kalimantan Selatan mengikuti pelatihan peningkatan SDM di Balai Pelatihan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan di jalan Ahmad Yani KM. 18 Banjarbaru, Selasa (28/2/2023). MC Kalsel Fuz

Dinas Koperasi dan UKM (DinaskopUKM) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Pelatihan Kewirausahaan bagi Wirausaha Pemula dan Pelatihan Desain Pengemasan Produk bagi Usaha Mikro dan Kecil yang dilaksanakan di Balai Pelatihan Koperasi.

Kepala Diskop UKM Provinsi Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai mengatakan, dua kegiatan ini merupakan salah satu pilihan tepat, dalam rangka meningkatkan daya saing masyarakat guna menciptakan lapangan kerja.

“Tentu dengan memaksimalkan potensi dan keterampilan yang dimiliki oleh angkatan kerja, terutama yang masih menganggur,” sebut Gusti Yanuar Noor Rifai, Selasa (28/2/2023).

Penciptaan kesempatan kerja memberikan kontribusi terhadap produktivitas bangsa, khususnya untuk menanggulangi masalah pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan serta memecahkan masalah kesenjangan sosial.

Kemudian dengan keberadaan kemasan memiliki peran yang sangat penting untuk produk yang dikemas sebagai penampilan pertama dari citra pemasaran suatu produk, termasuk gabungan antara isi dan kemasan.

“Banyak pihak yang mengatakan bahwa kemasan hanya merupakan sampah dan menambah beban biaya penjualan, namun tidak demikian adanya, kemasan yang standar dapat mengangkat citra suatu produk,” lanjutnya.

Adapun tujuan dari pelatihan ini, untuk mencetak atau meningkatkan SDM kepada pelaku wirausaha pemula, kiranya dapat meningkatkan nilai jual produk melalui pengetahuan terhadap kemasan, kemudian menjelaskan cara mengelola usaha secara profesional dan keuangan dengan baik.

Pelatihan ini diikuti oleh 60 peserta dari 30 orang peserta dari masing-masing pelatihan merupakan pelaku wirausaha dari seluruh kabupaten/kota se-Kalsel, dan dilaksanakan selama empat hari yakni dari tanggal 28 Februari hingga 3 Maret 2023, selanjutnya peserta akan mengikuti pelajaran selama 40 jam pelajaran.

Instruktur maupun fasilitator berasal yang akan mengisi pelatihan yakni dari Widyaiswara, Praktisi Usaha, Akademisi, serta Pejabat Struktural Dinas Koperasi dan UKM Prov Kalsel. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai