Peringati HPSN, DLH Kalsel Akan Adakan Aksi Bersih Sampah

Kepala DLH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana. MC Kalsel/Rns

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) akan jatuh pada 21 Februari 2023, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel menyelenggarakan puncak peringatan HPSN pada 24 Februari nanti dengan diadakan jambore aksi bersih sampah sungai.

Kepala DLH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana saat ditemui menjelaskan, HPSN menjadi momentum penting untuk mengingatkan bahwa persoalan sampah sampai saat ini masih menjadi isu strategis yang belum bisa diselesaikan dengan baik.

“Melihat dari kejadian yang melatarbelakangi lahirnya HPSN, bagaimana ketika sampah tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan korban. Semoga dengan peringatan HPSN ini di Kalsel dapat membangun kesadaran masyarakat untuk peduli dengan sampah,” kata Hanifah, Banjarbaru, Jumat (17/2/2023).

Diakui Hanifah, DLH Kalsel sendiri sudah memulai kegiatan untuk peringatan HPS pada 15 Februari kemarin melalui sosialisasi di lokasi percontohan program Sungai Martapura Asri, dimana memiliki 12 lokus untuk diberikan sosialisasi mengelola sampah.

“Puncak kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu jambore aksi bersih sampah secara serempak di 20 titik lokasi sungai Martapura Asri dan juga diikuti oleh seluruh Kab/Kota se-Kalsel,” ucap Hanifah.

Nantinya pada 24 Februari, puncak peringatan HPSN di Kalsel berlokasi di Taman Teluk Kelayan Banjarmasin dengan aksi bersih sampah sungai dan penandatanganan MoU antara bank sampah induk dengan bank sampah Martapura Asri serta penanaman pohon, penyerahan gugus apung, juga Mou DLH Kalsel dengan Bank Kalsel.

“Kita berharap ada dukungan dari Bank Kalsel untuk membangun kesadaran masyarakat didalam pengelolaan sampah khususnya di program prioritas DLH,” ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakan Hanifah, media sosial sendiri menjadi alat penting untuk sosialisasi, oleh karena itu pihaknya melakukan challenge, berharap anak muda atau masyarakat yang aktif di media sosial bisa memahami bagaimana pentingnya dalam mengelola sampah.

“Selain itu kita ada challenge mengumpulkan foto atau video dengan durasi tiga menit menggambarkan kegiatan-kegiatan di Martapura Asri serta challenge generasi muda peduli sampah atau lingkungan dengan membuat quoteterkait HPSN. Paling tidak akan timbul kesadaran dan kepedulian tentang sampah,” katanya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai