Sambut Pemilu 2024, KPU Kalsel Gelar Nonbar Peluncuran Kirab Pemilu 2024

Suasana nonbar peluncuran Kirab Pemilu 2024. MC Kalsel/usu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar nonton bareng (nobar) peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024.

Komisioner KPU Kalsel Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Edy Ariansyah mengatakan kegiatan nonbar ini menyambut satu tahun lagi pemilu serentak pada 14 Februari 2024.

“Kegiatan ini serentak di seluruh Indonesia mengangkat tema ‘Setahun Menuju Hari Pemungutan Suara’,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (14/2/2023).

Lanjut, Ia mmenambahkan, sebanyak 18 partai politik (parpol) Nasional akan menjadi peserta pada Pemilu 2024. Peluncuran virtual itu, juga dirangkaikan dengan pelepasan tim kirab yang mengawal 18 bendera partai politik secara bersamaan di tujuh titik oleh anggota KPU menuju titik estafet berikutnya.

Untuk pelaksanaan kirab ini serentak diadakan di tujuh titik lokasi yaitu, Aceh, Batam, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, NTT dan Papua.

Edy mengatakan, kirab akan finish di Jakarta pada 25 November 2023 dengan peserta kirab 305 kabupaten/kota dari 38 provinsi di Indonesia.

“Kirab di Kalsel akan di mulai dari Provinsi Kalbar, kemudian ke Kalteng setelah itu baru ke Kalsel dan nantinya akan keliling ke 13 kabupaten/kota,” ungkapnya.

Peluncuran kirab Pemilu 2024 di setiap titik akan menampilkan seni budaya lokal karena Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa.

“Maka seluruh keragaman itu adalah hak dari setiap warga negara, termasuk keragaman visi dan tujuan partai politik untuk menyatukan seluruh anak bangsa meskipun berbeda pandangan atau partai politik,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai