HPN 2023, Diskominfo Dorong Kebebasan Pers Bertanggung Jawab

Kepala Dinas Kominfo Kalsel, Muhamad Muslim (Baju Hijau) saat menghadiri puncak kegiatan Hari Pers Nasional 2023 di Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Kamis (9/2/2023) pagi, di Gedung Serbaguna Pemprov, Deli Serdang, Sumatera Utara. 

HPN tahun ini terlihat meriah karena merupakan kali pertama setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut dan dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo serta sejumlah Menteri.

Kepala Diskominfo Kalsel, Muhamad Muslim, mengatakan bahwa perwakilan Dinas Kominfo seluruh Indonesia juga ikut hadir untuk mengikuti rangkaian kegiatan HPN tahun ini di Medan.

“Suasananya meriah, banyak perwakilan Pemda yang hadir untuk menunjukkan semangat dan komitmen yang besar bagi kebebasan pers di Indonesia,” ujarnya. 

Mengusung tema Pers Bebas Demokrasi Bermartabat, pemerintah diharapkan mampu meningkatkan Indeks Kebebasan Pers atau IKP, terutama jelang tahun politik di 2024.

“Kebebasan pers harus disertai dengan profesionalitas para jurnalisnya, apalagi ini jelang tahun politik 2024, tentunya kami akan mendorong pemenuhan standar perusahaan pers dan sertifikasi wartawan,” terangnya. 

Adapun rangkaian kegiatan HPN 2023 telah dimulai sejak tanggal 6 Februari lalu dengan beberapa kegiatan seperti Dewan Pers Goes to Campus, Diskusi Publik Pemantauan Media, Sosialisasi Peraturan Dewan Pers, Forum Diskusi Bersama Kepala Diskominfo seluruh Indonesia, Literasi Digital Menghadapi Pemilu, Konvensi Media Massa, dan Mediasi Pengaduan. MC Kalsel/EPN

Mungkin Anda Menyukai