Berkembang Pesat, Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Kunjungi Perpustakaan Palnam

Kunjungan Ombudsman RI Perwakilan Kalsel ke Perpustakaan Palnam.

Perkembangan pesat Perpustakaan Palnam dibawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) menarik minat banyak kalangan untuk berkunjung.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalsel bersama sejumlah mahasiswa/i magang dari Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin yang melakukan kunjungan belajar ke pusat pengetahuan milik Pemerintah Provinsi Kalsel tersebut.

Rombongan Ombudsman RI Perwakilan Kalsel beserta mahasiswa/i magang tersebut disambut langsung oleh Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie didampingi oleh Sekertaris Dispersip Kalsel, Endang Camsudin.

Nurliani pun menyambut baik atas kunjungan belajar tersebut. Dia menyampaikan, Dispersip memiliki tugas meliputi dua bidang. Pertama bidang pengelolaan, yang bertugas melaksanakan pengelolaan operasional kepustakaan, dan bidang arsip yang betugas melakukan tata kelola arsip kepustakaan.

“Kita juga mengikuti perkembangan teknologi, tidak hanya buku cetak yang tersedia, inovasi melalui buku digital pun mulai diterapkan. Pembaca tidak perlu memakai kartu lagi untuk meminjam buku, dapat dilakukan dengan masuk melalui aplikasi iKalsel,” ucap Nurliani melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Banjarmasin, Kamis (19/1/2023).

Selain adanya perpustakaan umum, lanjut Nurliani, pihaknya juga terus melakukan peningkatan pelayanan dengan mengakomodir perpustakaan khusus anak untuk membumikan minat baca sejak dini.

“Saat ini minat membaca masyarakat di Kalimantan Selatan masih berada di posisi 16 dari 34 Provinsi di Indonesia. Inovasi lainnya adalah membuat perpustakaan khusus bagi Disabilitas, yang saat ini hampir rampung, selain program perpustakaan keliling yang terus beroperasional,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalsel Benny Sanjaya menyampaikan, kunjungan belajar ini Dil dalam rangka menjalankan program pembekalan, mengedukasi dan menambah pengetahuan, pengalaman, serta wawasan mengenai Pelayanan Publik untuk mahasiwa/i yang magang di Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurutnya, pelayanan publik mesti ramah, baik disisi pelayanan dan penyediaan fasilitasnya bagi segala golongan pengakses. 

“Inovasi yang ada jangan hanya terbatas untuk penyediaan fasilitas internal, sehingga hanya dapat dinikmati oleh pengakses wilayah perkotaan saja, namun lebih baik lagi apabila pelayanan perpustakaan dapat mencapai wilayah terpencil yang minim ketersediaan literatur, dapat dalam bentuk kerja sama dengan perpustakaan kabupaten-kabupaten dibawah kelola Dispersip Kalsel,” bebernya.

Pada kunjungan belajar tersebut Sekretaris Dispersip Kalsel, Endang Camsudin turut mengajak pihak Ombudsman RI Perwakilan Kalsel beserta peserta magang untuk melihat langsung pelayanan dan inovasi yang ada di Dispersip Kalsel. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai