Tingkatkan Produk Unggulan, Dekranasda Kalsel Pacu Kreativitas Perajin Sasirangan

Ketua Bidang Pembinaan Promosi dan Pemasaran Dekranasda Provinsi Kalsel, Hasbullah. MC Kalsel/Ar

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan terus memacu inovasi dan kreativitas perajin sasirangan di 13 kabupaten/kota dalam pengembangan produk unggulan daerah.

Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah diwakili Ketua Bidang Pembinaan Promosi dan Pemasaran, Hasbullah mengatakan, di tahun ini memang terus melatih perajin sasirangan agar bisa meningkatkan kemampuan dalam membuat produknya.

“Kami laksanakan kembali pelatihan sasirangan pewarna alami, lomba desain motif sasirangan hingga fashion show,” ucap Hasbullah, Banjarmasin, Selasa (10/1/2023).

Hasbullah menyampaikan, Dekranasda memiliki peran penting untuk memajukan potensi produk kerajinan yang bernilai ekonomi dalam peluang usaha.

Hasbullah menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel sudah berupaya dalam memajukan produk unggulan daerah, terutama dengan bisa mengekspor produk agar pendapatan para perajin sasirangan bisa meningkat.

“Kami sebagai pembina bagi perajin sasirangan akan terus mengembangkan produk unggulan daerah,” tutur Hasbullah.

Untuk promosi dan pemasaran, ada tiga kegiatan yang akan diikuti, seperti pameran Inacraft di Jakarta pada 1 hingga 5 Maret 2023, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Dekranas, dan pameran Kalsel Expo dalam rangka Hari Jadi Provinsi Kalsel.

“Selanjutnya, dari kerja sama dengan dinas terkait, termasuk Dinas Pariwisata dari kunjungan lokal maupun mancanegara untuk menarik minat wisatawan dan memasarkan produk keunggulan dari Dekranasda, seperti kain sasirangan, kerajinan purun, rotan, batu permata dan lainnya,” kata Hasbullah. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai