Tingkatkan Kesejahteraan, Pemprov Kalsel Terus Upayakan Pembinaan Transmigran

Kepala Disnakertrans Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti. MC Kalsel/usu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalsel akan kembangkan kampung inggris pada Kawasan Transmigrasi di Kalsel pada Desa Karang Indah, Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala.

Kepala Disnakertrans Kalsel, Irfan Sayuti mengatakan di tahun ini, pihaknya beserta seluruh stakeholder yang terkait akan kembali mengembangkan kampung inggris yang dimiliki Kalsel.

“Sejak 2019 hingga pertengahan 2022, kampung inggris ini seperti mati suri yang diakibatkan oleh banjir dan pandemi COVID-19,” ucapnya, di Banjarmasin, Senin (9/1/2023).

Lanjut, walaupun kampung inggris tersebut tidak berjalan, akan tetapi pihaknya tetap agar supaya kampung inggris kembali bergerak.

“Alhamdulillah, pada September yang lalu, kampung inggris ini kembali berjalan seperti sebelumnya,” katanya.

Saat kampung inggris tersebut tidak berjalan, pihaknya tetap melakukan beberapa program untuk peningkatan kualitas masyakat seperti mengirim calon tutor untuk mengikuti pendidikan latihan bahasa inggris di Kampung Inggris Pare serta melakukan secara daring.

“Namun, tidak disangka antusias yang sangat tinggi dilihat dari jumlah masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembangunan dan Penataan Satuan Permukiman Tempatan Bidang Transmigrasi, Umaryoto menambahkan untuk di tahun 2023 ini pihaknya juga merencanakan untuk melakukan beberapa pelatihan masyarakat dan rehabilitasi jalan yang rencana dilaksanakan dengan anggaran APBN dari Kab Barito Kuala tahun 2023.

“Baru – baru saja di sana ada pelatihan budidaya jamur tiram,” katanya.

Umrayoto berharap dengan pelatihan serta peningkatan fasilitas membuat kampung inggris bisa dikenal oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai