Tingkatkan Keterampilan, BLK Kalsel Buka 14 Kejuruan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Kepala BLK Kalsel, Muhammad Yusfiansyah di ruang kerjanya, Kamis (5/1/2023). MC Kalsel/usu.

Dalam rangka memberikan keterampilan kepada masyarakat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kalsel di tahun 2023 kembali membuka pelatihan berbasis kompetensi dengan 14 kejuruan.

Kepala BLK Kalsel, Muhammad Yusfiansyah mengatakan pada bulan Januari ini pihaknya sudah membuka pendaftaran.

“Pendaftaran ini bisa dilakukan secara daring maupun luring atau langsung datang ke kantor BLK di Banjarbaru dan akan dibuka sampai 1 bulan ke depan,” ucapnya, di Banjarbaru, Kamis (20/1/2022).

Lanjut Ia menambahkan, pada tahun 2022 pihaknya membuka 37 paket pelatihan, yang mana 22 paket dari dana APBD dan 15 Paket dari dana APBN.

“Untuk kejuruan yang dibuka pada tahun ini ialah, Administrasi Perkantoran, Teknik Akuntansi Junior, Computer Operator Assistant Desaom Grafis, Menjahit, Tata Kecantikan kulit & Rambut, Las SMAW 3G, Pemeliharaan Listrik Bangunan sederhana, Teknisi Instalasi tenaga, Teknik Perawatan AC Residential, Teknisi Embedded System (Elektronika), Operator Mesin Bubut, Service sepeda motor injeksi, Pemeliharaan berkala kendaraan ringan injeksi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, bahwa semua jurusan pelatihan akan diberikan pembelajaran dari dasar. Sehingga untuk calon peserta pelatihan tidak perlu khawatir dalam mengikuti pembelajaran jurusan kelas pelatihan.

Selain itu, bagi calon peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan tanda bukti kelulusan dari BLK yang berguna untuk meyakinkan perusahaan yang akan dilamarnya dan diberikan secara gratis.

“BLK dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berdedikasi mencetak tenaga kerja yang siap terjun ke dalam dunia kerja,” tuturnya.

Ia berharap, dapat menciptakan para alumni BLK yang memiliki pengalaman, keterampilan, serta pengetahuan kerja untuk mengembangkan diri dalam dunia industri maupun usaha wiraswasta secara mandiri.

Bagi yang ingin mengikuti pelatihan di BLK bisa mendaftarkan dirinya di website yaitu bit.ly/BLKProvKalsel2023 atau bisa datang langsung ke kantor BLK yang di Banjarbaru. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai