Dishut Kalsel Terus Gelorakan Revolusi Hijau Untuk Kawasan Gunung Pamaton

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra menanam bibit pohon gamal di kawasan Gunung Pamaton Kabupaten Banjar, Jumat (23/12/2022). MC Kalsel/Ar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kehutanan (Dishut) terus menggelorakan semangat revolusi hijau dengan melakukan kegiatan penanaman di kawasan Gunung Pamaton Kabupaten Banjar.

“Jadi kami akan menghijaukan kawasan Gunung Pamaton hingga akhir Desember nantinya dan penanaman menjadi contoh bagi masyarakat akan pentingnya menjaga kualitas lingkungan untuk keberlangsungan hidup yang lebih baik,” ucap Kepala Dishut Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra, Jumat (23/12/2022).

Diketahui, sebelumnya pada Kamis (22/12) telah melakukan penanaman dengan total 1.100 bibit pohon jenis gamal dan kayu manis dan hingga hari ini dengan total 3.000 bibit pohon jenis gamal, eucalyptus pellita dan johar yang berhasil ditanam di kawasan Gunung Pamaton.

Dijelaskan Fathimatuzzahra, penanaman yang rutin dilaksanakan setiap Kamis dan Jumat di kawasan Gunung Pamaton yang merupakan salah satu areal rehabilitasi daerah aliran sungai PT Adaro Indonesia sangat cocok ditanami bibit jenis gamal yang sudah dapat tumbuh tunas barunya.

“Penghijauan di kawasan Gunung Pamaton akan terus dilakukan oleh personil Dishut Provinsi Kalsel dan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam berkolaborasi dengan PT. Adaro Indonesia,” kata Fathimatuzzahra.

Fathimatuzzahra pun berharap, dari kegiatan penanaman ini dapat memberikan semangat dan motivasi bagi masyarakat maupun para pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) lainnya untuk terus menanam menghijaukan Kalsel.

“Kami ingin para pengguna kawasan termotivasi dan semangat dalam kegiatan penghijauan agar kualitas lingkungan bisa semakin membaik dan munculnya motivasi budaya menanam pada masyarakat sehingga dapat tercapainya target Program Revolusi Hijau,” tutur Fathimatuzzahra. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai