Kenalkan Perpustakaan dan Minat Baca dengan Kunjungi Kid’s Library

Murid TK Islam Madinatul Taqwa Banjarmasin melakukan kunjungan ke kid’s library Perpustakaan Daerah Palnam. MC Kalsel/Jml

Dengan penuh antusias dan kegembiraan, puluhan murid TK Islam Madinatul Taqwa Banjarmasin melakukan kunjungan ke kid’s library Perpustakaan Daerah Palnam.

“Senang, seru sekali bisa belajar sambil bermain dengan teman-teman, membaca buku juga,” ungkap Aditya Syahbana salah satu peserta kunjungan.

Menurut Kepala TK Islam Madinatul Taqwa Banjarmasin, Nurul Madinah, kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada anak didik tentang Perpustakaan Daerah Kalimantan Selatan, dan menumbuhkan minat baca sejak usia dini.

“Hari ini ada sebanyak 47 anak yang kita bawa kunjungan, 39 orang dari TK Islam Madinatul Taqwa dan delapan orang dari SD Islam Madinatul Taqwa, tujuannya kita ingin mengenalkan kepada anak-anak tentang Perpustakaan Daerah Kalsel, besar harapan kami anak-anak bisa mendekatkan diri kepada buku, lebih cinta membaca, cinta literasi,” ujar Nurul, Banjarmasin, Selasa (13/12/2022).

Sementara itu, Staf Layanan Kids Library Perpustakaan Palnam, Resa Sorasa menyambut baik kunjungan tersebut. Resa mengatakan, sejak awal Januari hingga Desember 2022, Perpustakaan Daerah Palnam selalu mendapat kunjungan dari sekolah-sekolah dengan tujuan untuk menyebarkan minat baca.

“Alhamdulillah, kami selalu mendapat kunjungan rutin dari awal Januari sampai Desember ini dari sekolah yang berbeda-beda, waktu pandemi kemarin kan sepi, dan sekarang sudah mulai mereda jadinya ramai dikunjungi, kunjungan anak juga bertujuan untuk menyebarkan virus minat baca kepada anak-anak melalui jenjang TK, PAUD, SD, dan SMP,” ungkap Resa.

Dengan perkembangan zaman saat ini, Perpustakaan Palnam diubah menjadi tempat yang nyaman untuk berwisata literasi. Bahkan pada 2020 dan 2021, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel meraih predikat provinsi dengan Indeks Pembangunan Literasi (IPL) tertinggi se-Indonesia. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai