Lestarikan Olahraga Rekreasi, KORMI Gelar Pekan Olahraga Rakyat

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sekaligus Guebrnur Kalsel, Sahbirin Noor (kiri) memainkan permainan badaku pada kegiatan Pekan Olahraga Rakyat Tahun 2022 di halaman Kantor Gubernur Kalsel, Banjarmasin Minggu (11/12/2022). MC Kalsel/tgh

Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Pekan Olahraga Rakyat Tahun 2022 di halaman Kantor Gubernur Kalsel, Banjarmasin.

Kegiatan tersebut dalam rangka untuk menggelorakan dan melestarikan olahraga rekreasi agar tidak tergerus oleh zaman.

Dalam sambutannya, Ketua KORMI Kalsel sekaligus Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengajak para generasi milenial, agar mencintai olahraga tradisional dibandingkan permainan modern melalui internet.

“Olahraga tradisional, seperti balogo, sumpit, panco, enggrang, tarik tambang, hadang, dan lainnya. Selain bernilai budaya, juga memberikan manfaat bagi jasmani dan rohani serta dapat dijadikan wahana menorehkan prestasi,” kata Sahbirin Noor, Minggu (11/12/2022).

Apalagi saat ini sudah banyak dipertandingkan olahraga tradisional dengan berbagai cabang atau kategori di tingkat nasional bahkan internasional.

Sementara itu, Wakil Ketua KORMI Kalsel, Taufik Arbain menyebut, ada 10 cabang olahraga yang dilombakan dengan jumlah peserta sekitar 500 orang dari sejumlah kabupaten kota se Kalsel.

“Tujuan kegiatan ini, untuk membumikan olahraga tradisional di masyarakat yang nantinya menjadi agenda tahunan,” katanya.

Ia berharap, dari kegiatan ini didapat bibit potensial untuk diikutsertakan ke ajang lomba Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) dan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) di tahun 2023. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai