Kontingen SOIna Tabalong Menjadi Juara Umum PeSODa

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah saat memberikan penghargaan juara umum Pekan Special Olympic Daerah (PeSODa) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di halaman Prodi PKH ULM Banjarbaru, Rabu (16/11/2022). MC Kalsel/tgh

Kontingen Special Olympics Indonesia (SOIna) Kabupaten Tabalong sukses menjadi juara umum pada Pekan Special Olympic Daerah (PeSODa) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang digelar di Banjarbaru, 15-16 November 2022.

Tabalong menjadi yang terbaik setelah mengumpulkan 7 medali emas, 1 perak, dan 2 perunggu. Torehan tersebut mengungguli Kabupaten Banjar yang berhasil mengumpulkan 6 emas, 4 perak dan 10 perunggu.

Sementara di peringkat ketiga, ada Kabupaten Tanah Laut yang sukses mendapatkan 4 medali emas, 5 perak, dan 1 perunggu. 

Penyerahan penghargaan dan medali langsung dilakukan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah didampingi Kepala Bidang Bidang Pemberdayaan Olahraga, Budiono di Halaman Prodi PKH ULM Banjarbaru, Rabu (16/11/2022).

Hermansyah mengatakan, gelaran PeSODa ini merupakan wadah untuk menjaring atlet SOIna yang akan membawa harum nama Kalsel di event nasional maupun internasional. 

“Mereka ini adalah orang hebat untuk membawa Kalsel lebih hebat lagi. Apalagi tahun depan ada atlet kita yang akan bertolak ke Jerman untuk membela Indonesia,” kata Hermansyah. 

Lebih lanjut, Hermasyah menegaskan pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan terhadap SOIna, dengan melakukan pembinaan dan memberikan pendanaan melalui dana hibah yang dikucurkan setiap tahun.

“Sesuai dengan fungsi fasilitator yang dilakukan pemerintah daerah, kita akan terus lakukan pembinaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Tabalong, Rahmanto mengatakan, keberhasilan anak asuhnya menjadi juara umum pada gelaran ini menunjukkan perkembangan positif terhadap pembinaan atlet-atlet SOIna kabupaten Tabalong.

“Kami bersyukur atas hasil ini, dimana ada peningkatan. Sebelumnya kita hanya berada di peringkat ketiga,” kata Rahmanto.

Rahmanto menambahkan, pihaknya memang mempersiapkan diri di beberapa nomor perorangan, terutama atletik dan bola bocce.

“Memang target kami di nomor perorangan. Untuk beregu kami tetap persiapkan, walaupun kita tidak berekspektasi tinggi,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai