Produk Jadi Sasirangan Diminati Pasar, Dekranasda Kalsel Terus Berikan Motivasi Bagi IKM

Ketua Bidang Pembinaan Promosi dan Pemasaran Dekranasda Provinsi Kalsel, Hasbullah. MC Kalsel/Ar

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus memberikan motivasi terhadap pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) melalui pelatihan produk jadi sasirangan.

Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah diwakili Ketua Bidang Pembinaan Promosi dan Pemasaran, Hasbullah mengatakan, pihaknya memang di tahun ini terus melatih produk sasirangan IKM agar bisa meningkatkan kemampuan dalam membuat produknya.

“Dekranasda memiliki peran penting untuk memajukan potensi produk kerajinan yang bernilai ekonomi dalam peluang usaha,” kata Hasbullah, Banjarmasin, Selasa (15/11/2022).

Dijelaskan Hasbullah, pakaian jadi produk sasirangan atau fashion desainer diminati pasar lokal hingga internasional karena pakaian jadi sasirangan dinilai lebih menarik dibandingkan bahan kainnya saja.

Potongan kain sasirangan dijual masih dengan harga tidak terlalu tinggi dan untuk bahan jadi, seperti pakaian bisa dijual dengan harga tinggi.

“Maka dari itu, untuk pemenuhan permintaan pasar para perajin IKM diminta untuk membuat produk jadi sasirangan tersebut,” sebut Hasbullah.

Hasbullah pun menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel melalui Dinas Perindustrian sudah berupaya dalam memajukan produk unggulan IKM, terutama untuk ekspor agar para perajin IKM bisa meningkat pendapatannya.

“Kami sebagai pembina pelaku IKM akan terus mengembangkan produk unggulan daerah,” tutur Hasbullah. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai