Dispersip Gandeng TP PKK Buat Produk Olahan Singkong

Suasana pelatihan olahan pangan dari singkong bagi TP PKK. Dispersip Kalsel/dok

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus bertransformasi menuju perpustakaan berbasis inklusi sosial yang dapat mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat.

Berangkat dari dasar itulah, Dispersip Provinsi Kalsel gencar melaksanakan pelatihan bagi masyarakat. Bertajuk Hilirisasi Olahan Pangan Lokal Berbahan Singkong untuk Kesejahteraan Keluarga, didatangkanlah narasumber dari anggota Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Banjar untuk berbagi cara membuat berbagai produk menarik.

Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie, diwakili Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Wildan Akhyar mengatakan, program-program pelatihan ini dilakukan untuk menambah pengetahuan warga dan menunjang kesejahteraan masyarakat.

“Ini kegiatan kita yang ke lima diprogram tranformasi perpustakaan, kita gandeng para ibu PKK dari Banjarmasin, Banjarbaru, dan Banjar. Ini nanti harapannya mereka dapat menularkan ilmu yang didapat pada masyarakat lain di lingkungannya,” kata Wildan melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Selasa (15/11/2022).

Sementara itu, narasumber Siti Mardiah menyampaikan, ada bermacam olahan yang dapat dibuat dari bahan yang mudah didapat tersebut.

“Hari ini kita praktikkan delapan resep untuk makanan basah. Semoga ini dapat menambah keterampilan ibu-ibu dan menularkannya, seperti apa yang diharapkan perpustakaan,” tutur Siti.

Bahkan menurut Siti yang juga merupakan Anggota Pokja 3 PKK kabupaten Banjar ini, singkong dapat diolah menjadi nasi kebuli, yang dengan inovasi itu, pihaknya berhasil menjadi juara pertama dalam lomba tingkat provinsi Kalsel. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai