Kuatkan Mental, 10 Atlet Karate Forki Kalsel Ikuti Serie A WKF

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melepas atlet Ferderasi Olahraga Karate Do Indonesia (FORKI) Provinsi Kalimanta Sestan yang akan bertanding pada Serie A World Karate Federation (WKF) tahun 2022. dok

Sebanyak 10 atlet Federasi Olahraga Karate Do Indonesia (FORKI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan lima pelatih serta wasit akan bertolak ke Jakarta untuk mengikuti Serie A World Karate Federation (WKF) tahun 2022.

Pelepasan atlet langsung dilakukan oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor didampingi Kadispora Kalsel, Hermansyah di halaman kediaman Gubernur Kalsel Banjarmasin, Jumat (11/11/2022).

Sahbirin Noor memberikan semangat agar para karateka mewarisi tokoh pahlawan nasional asal Kalsel Pangeran Antasari yang dikenal gigih dan ulet dalam merebut kemerdekaan dari bangsa penjajah.

Ia mengingatkan, sebelum terjun dalam kejuaraan dunia, waktu yang ada bisa digunakan untuk latihan di Jakarta bersama-sama pelatih handal dan sparing partner, yang bisa memberikan peningkatan dalam menghadapi kejuaraan karateka.

“Mentalitas yang utama. Kalau mental jatuh, keterampilan atau skill pun bisa lupa,” kata Sahbirin Noor.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermansyah berharap dari pengalaman tanding skala internasional ini, bisa memberikan pengalaman bagi karateka Kalsel, sehingga pada Pra PON karate di Kalsel, lebih banyak meloloskan atlet.

“Harapan kita, mereka bisa bertanding dengan baik dan membawa harum nama Kalsel,” ujarnya.

Sedangkan, Manager Tim, AKBP Purn H Toetoes mengatakan, Atlet Kalsel diminta ikut tryout dengan atlet dunia, sebelum mereka bertanding dan menjalani masa pemusatan pelatihan (TC).

“Anak-anak ini butuh jam terbang dengan sparing dengan atlet luar negeri, kalau nanti kita tuan rumah Pra PON, atlet kita pengalamannya sudah internasional,” ujar Toetoes. 

Sedangkan, salah satu pelatih Deni menyebutkan, kegiatan ini dilakukan agar dapat meraih medali emas di PON 2024.

“Target medali emas di PON 2024 bisa terwujud dengan kegiatan seperti ini,” ujarnya. 

Diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang Serie A World Karate Federation (WKF) tahun 2022 yang akan diikuti oleh 1.200 peserta dari 75 negara yang berlangsung  18-20 November 2022 di Istora Senayan Jakarta. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih