Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Gubernur Kalsel Ajak Jadikan Inspirasi Penggerak Menuju Ke Depan

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor berfoto bersama dengan pasangan muda inspiratif dan pemuda pelopor serta wirausaha muda pada kegiatan upacara peringatan ke-94 Hari Sumpah Pemuda (HSP) di halaman Kantor Setda Banjarbaru, Jumat (28/10/2022). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan upacara peringatan ke-94 Hari Sumpah Pemuda (HSP) di halaman Kantor Setda Banjarbaru.

Upacara HSP langsung dipimpin Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan dihadiri unsur Kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel, TNI Polri, dan anggota kepemudaan.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan peringatan ini upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, dan ditemukan kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi ke depan.

“Peringatan ini selalu memiliki arti penting, karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” kata Sahbirin Noor saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Jumat (28/10/2022).

Tema peringatan HSP ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. 

“Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah,” ujarnya.

Menurutnya, pemuda adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang, juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Untuk itu, upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

“Di peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa,” pungkasnya.

Kegiatan upacara dirangkai dengan penyerahan penghargaan kepada pasangan muda inspiratif, pemuda pelopor dan bantuan kewirausahaan pemuda. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai