Optimalkan Perencanaan SSK Untuk Tingkatkan Pelayanan Sanitasi

Plt Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan membuka kegiatan Bimtek strategis sanitasi Kabupaten/Kota dengan tema Mengoptimalkan perencanaan Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK) untuk meningkatkan layanan sanitasi di Provinsi Kalsel di Hotel Berbintang Banjarmasin, Rabu (26/10/2022). MC Kalsel/tgh

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan Bimtek strategis sanitasi Kabupaten/Kota dengan tema Mengoptimalkan perencanaan untuk meningkatkan layanan sanitasi di Provinsi Kalsel di Hotel Berbintang Banjarmasin.

Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketajaman para peserta dalam penyusunan perencanaan Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK) guna menghasilkan program sanitasi yang layak.

Plt Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan mengatakan proses penyusunan SSK tidak terlepas, dari adanya kemampuan dan pemahaman dari pokja PKP kabupaten/kota, sehingga Pokja PKP perlu meningkatkan pengetahuannya. 

“Kegiatan ini agar mereka dapat meningkatkan pengetahuan dalam penyusunan strategi sanitasi di daerahnya masing-masing,” kata Solhan, Rabu (26/10/2022).

Ia berharap dengan adanya bimbingan teknis penyusunan SSK ini, dapat meningkatkan kualitas perencanaan sanitasi, sehingga dapat memberikan sumbangan yang besar terhadap pencapaian target layanan sanitasi. 

Sementara itu, Plh Kepala Seksi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Maknawarah mengatakan layanan sanitasi yang berkelanjutan sebagaimana yang diamanatkan dalam RPJMN 2020-2024, dapat diwujudkan melalui SSK yang berkualitas, disertai impelementasi yang sistematis dan efektif. 

“SSK yang berkualitas diperoleh dari pemahaman dan pengetahuan pokja yang diberikan amanah dalam melaksanakan dan mengawal proses penyusunan dokumen SSK,” katanya. 

Adapun narasumber pada kegiatan ini dari Kementerian PUPR, Bappenas RI, Kementerian Dalam Negeria, Pokja PKP / Dinas PUPR Provinsi dan fasilitator Dinas PUPR Provinsi Kalsel. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai