Kunjungi Dispersip Kalsel, Dispersip Tabalong Minta Bimbingan Pembuatan Laporan Pemusnahan Arsip

Diskusi antara Dispersip Kalsel dan Dispersip Tabalong terkait laporan pemusnahan arsip. Dispersip Kalsel/dok

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima kunjungan Dispersip Kabupaten Tabalong dalam rangka study tour pelaporan pemusnahan arsip.

Kedatangan rombongan Dispersip Kabupaten Tabalong yang dipimpin oleh Kepala Dispersip Tabalong Herwandi ini, disambut langsung oleh Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie.

Melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Herwandi menjelaskan, dalam melaksanakan pemusnah arsip, pihaknya masih mengalami sejumlah kendala, salah satunya terkait proses pelaporan.

“Sebelumnya kami telah melaksanakan pemusnahan arsip didampingi arsiparis tingkat Provinsi Kalsel. Namun, setelah itu ada beberapa kendala yang dihadapi terhadap proses pelaporan. Jadi pada hari ini kami ingin belajar dan minta bimbingan untuk membuat laporan setelah pemusnahan,” kata Herwandi, Banjarmasin, Rabu (26/10/2022).

Herwandi berharap, melalui kunjungan ini mendapatkan banyak pengetahuan terkait pelaporan pemusnahan arsip.

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie menyambut baik komitmen Dispersip Tabalong untuk meningkatkan kualitas pengarsipan. Dia pun mengaku siap memberikan bimbingan dan pendampingan.

“Kami selaku Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) yang juga sebagai pembina LKD kabupaten/kota, siap memberikan motivasi, bimbingan, dan pendampingan,” kata Nurliani.

Tidak hanya itu, Nurliani juga mengaku siap menerima program magang, guna mendalami pengelolaan arsip.

“Tidak ada biaya atau gratis, karena ini sebagai komitmen kami untuk melaksanakan gerakan sadar arsip,” tegas Nurliani. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai