Festival Balap Jukung Untuk Lahirkan Atlet Berkompeten

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor berfoto bersama dengan para peserta Festival Balap Jukung bergerak di Siring 0 Km Banjarmasin, Sabtu (15/10/2022). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel menggelar Festival Balap Jukung bergerak di Siring 0 Km Banjarmasin. 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor didampingi Kadispora Kalsel Hermansyah dan pejabat lainnya.

Sahbirin Noor mengatakan Pemprov Kalsel akan terus mendukung kemajuan olahraga balap jukung, sehingga dapat melahirkan atlet yang berkompeten. 

“Kami akan terus berupaya mendukung kemajuan olahraga balap jukung di banua agar dapat berprestasi,” kata Sahbirin Noor, Sabtu (15/10/2022). 

Ia berharap lomba balap jukung ini, terus dilestarikan dan pada saatnya nanti, Kalsel dapat menggelar lomba balap jukung hingga tingkat internasional.

Sementara itu, Kadispora Kalsel, Hermansyah mengatakan kegiatan ini digelar sekaligus sebagai ajang menyeleksi para atlet menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di HSS.

“Lomba ini kita harapkan dapat menjadi ajang seleksi para atlet di Porprov HSS,” ucapnya.

Kegiatan tersebut, juga dilaksanakan untuk mendukung wisata air di Kalsel yang diharapkan para kafilah dari provinsi lain dapat melihat salah satu budaya yang ada di Kalsel. 

Perlombaam ini dimulai dari tanggal 15-16 Oktober 2022. Adapun kegiatan hari ini diikuti 32 tim pelajar dari Kalsel dan dilanjutkan besok hari sebanyak 32 tim dari kalangan masyarakat. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai