Disdag Kalsel Fasilitasi Dokumen Keperluan Ekspor Kelapa Tua

Kepala Disdag Provinsi Kalsel, Birhasani (kanan) pada peresmian ekspor perdana kelapa tua ke Cina. MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perdagangan (Disdag) Kalsel siap memasilitasi dokumen keperluan ekspor buah kelapa tua ke pasar nasional dan internasional.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disdag Provinsi Kalsel, Birhasani pada saat peresmian ekspor perdana buah kelapa tua ke Cina di Banjarmasin, Kamis (22/9/2022).

“Jadi kami siap memasilitasi dokumen yang diperlukan untuk ekspor dan kami juga menyediakan konsultasi pelaku usaha, baik mengenai peluang pasar hingga promosi produk dan komoditas,” kata Birhasani. 

Menurut Birhasani, produk kelapa tua merupakan terobosan yang sangat bagus untuk membangkitkan perekonomian para petani kelapa di Kalsel.

“Dengan kegiatan ekspor kami sangat berbangga artinya bertambah lagi satu komoditas jenis dari hasil pertanian Kalsel,” ujar Birhasani.

Birhasani berharap, dengan adanya ekspor kelapa ini semua pihak kembali menggalakkan menanam pohon kelapa di pesisir pantai maupun lahan lain. 

“Dengan menggalakkan menanam pohon kelapa maka ekspor ini dapat berkelanjutan, tentunya pelaku usaha harus terus berusaha memenuhi target dari eksportir agar tetap bisa berjalan,” ujar Birhasani.

Untuk diketahui, perbulannya para petani Kalsel ditargetkan mampu menyiapkan 50 kontainer kelapa untuk di ekspor. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih