Serahkan Bantuan Operasional Nelayan dan Penguatan Modal Kelompok Usaha Masyarakat di Desa Angsana

Penyerahan bantuan kepada nelayan dan kelompok usaha di Desa Angsana. DKP Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kalsel menyerahkan bantuan bagi nelayan dan kelompok usaha masyarakat pesisir di Desa Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (6/9) lalu.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili Kepala DKP Kalsel, Rusdi Hartono mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PT Pancaran Samudera Transport (PST) yang dihadiri langsung oleh Haski Apriliandi selaku owner untuk menyerahkan bantuan.

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya melakukan pemberdayaan sosial dan ekonomi masyarkat pesisir dalam bentuk penyerahan bantuan operasional bagi nelayan dan penguatan modal usaha bagi kelompok usaha komoditas perikanan atau kelompok usaha produktif sektor informal yang berada di kawasan pantai Angsana.

“Selanjutnya melaksanakan transplantasi karang dan restoking ikan bernilai ekonomis, di kawasan konservasi perairan Angsana dalam upaya kepeduliaan Korporasi untuk perbaikan lingkungan dan ekosistem, untuk mendukung berkelanjutan Sumberdaya Kelautan,” ucap Rusdi, Banjarmasin, Jumat (9/9/2022).

Rusdi juga berpesan kepada mereka yang telah menerima bantuan, supaya dapat digunakan dengan bijak.

“Untuk kelompok nelayan bantuan ini hendaknya dapat dilakukan dengan pembelian suku cadang, perbaikan mesin maupun perbaikan alat tangkap, serta menyokong biaya operasional melaut,” kata Rusdi.

Disampaikan Rusdi, ditengah pemberlakuan harga baru BBM oleh pemerintah, apalagi kesulitan mendapatkannya sedikit banyaknya akan mempengaruhi operasional melaut.

Sedangkan bagi kelompok usaha, tambah Rusdi, bantuan ini dapat digunakan untuk penambahan peralatan pengolahan atau alat produksi lainnya.

Dikatakan Rusdi, kegiatan ini sejalan dalam mendukung program pemulihan ekonomi pasca pandemi dan naiknya harga BBM.

“Beberapa kebijakan dalam masa pandemi seperti PPKM telah menurunkan mobilitas dan daya usaha masyarakat, penurunan pendapatan serta pemenuhan kebutuhan sehari-hari,” tambah Rusdi.

Oleh karena itu masyarakat dapat memperoleh manfaat secara langsung atas kehadiran swasta di wilayah pesisir.

“Saya berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan pendapatan yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan,” tandas Rusdi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih