Pembekalan Teknis Pengelolaan Data Statistik Sektoral SKPD Kalsel

Suasana pembekalan teknis yang dilaksanakan Diskominfo Kalsel. MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel memberikan Pembekalan Teknis Pengelolaan Data Statistik Sektoral kepada seluruh perwakilan operator data SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel.

Kepala Diskominfo Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan, pembekalan ini bertujuan untuk mewujudkan data yang berkualitas, akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah di akses, dan dibagi pakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah melalui pemenuhan standar data, metadata, interoperabilitas data dan menggunakan kode referensi dan data induk.

“Untuk itu, SKPD lain selaku produsen data bisa menyajikan data-data statistik yang akurat dan relatable. Serta yang tidak kalah pentingnya yakni mereka harus terus mengupdate data tersebut, sehingga data-data ini nantinya bisa diolah menjadi sumber informasi,” kata Muslim, Banjarbaru, Selasa (6/9/2022).

Muslim menambahkan, data yang telah diolah menjadi sumber informasi tersebut nantinya dimanfaatkan sebagai pengetahuan dalam menyusun perencanaan, maupun pembangunan oleh pimpinan yang akan dilakukan setiap SKPD. 

Untuk itu, Muslim berharap seluruh SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel bisa terus mengupdate data-data miliknya.

“Sebagai wali data kita akan mengidentifikasi, dan memvalidasi keakuratan data yang diberikan sebelum akhirnya kita diseminasikan. Bagi SKPD yang datanya masih belum terupdate, kita akan lakukan komunikasi terlebih dahulu, jika masih belum bisa, kita akan laporkan ke pimpinan terkait hal tersebut,” tutur Muslim.

Terkait pengiriman data, Muslim menjelaskan Diskominfo telah menyediakan infrastruktur dengan menggunakan jaringan fiber optik untuk SKPD yang ada di sekitar Komplek Perkantoran Sekretariat Daerah Kalsel di Banjarbaru.

Sedangkan bagi SKPD yang diluar dari komplek perkantoran Sekretarit, lanjut Muslim, bisa mengirimkan datanya melalui sistem jaringan lainnya. 

“Kita akan terus berupaya untuk mengoptimalkan agar pengiriman data ini tidak terganggu dengan sistem pengiriman yang kita miliki saat ini,” ucap Muslim. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai