Bangkitkan Prestasi Olahraga Catur Melalui Turnamen

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga memainkan catur untuk menandai dimulainya Turnamen Catur Cepat Paman Birin Cup 2019 di Aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Sabtu (26/10/2019). MC Kalsel/tgh

Sebanyak 240 peserta mengikuti Turnamen Catur Cepat Paman Birin Cup 2019 dengan tema Junjung Tinggi Sportifitas di Aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Sabtu (26/10/2019). Kegiatan yang berlangsung tanggal 25-27 oktober 2019 tersebut memperebutkan Piala Paman Birin Cup ditambah total hadiah Rp80 juta.

Ketua Panitia Pelaksana, M Amin mengatakan turnamen digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober.

“Jadi kegiatan ini dalam rangka menyambut atau memperingati Hari Sumpah Pemuda sekaligus Hari Pahlawan tahun 2019,” ujarnya.

Lanjut Amin menerangkan, peserta turnamen tidak hanya masyarakat umum, namun turut diikuti Master Nasional (MN) Norasya Verdiana yang tidak lain merupakan pecatur putri andalan Kalsel pada babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019 di Palangkaraya, Kalteng. Kemudian ada juga Master Internasional (MI) Yoseph Theolipus Taher asal Papua.

“Secara keseluruhan, sebanyak 166 pecatur senior dan 72 pecatur junior dari kalangan pelajar SMP, SMA sederajat serta sekitar 40 pecatur bergelar master yang bersaing memperebutkan Piala Paman Birin Cup,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah mengatakan minat masyarakat untuk mengikuti kejuaraan catur cepat tersebut sangat membludak.

“Alhamdulillah minat masyarakat bukan hanya dari Kalsel tapi juga dari luar Kalsel, diikuti oleh 240 pecatur ada dari Papua, Bali dan seluruh Kalimantan, termasuk Kalsel sendiri,” ucapnya.

Menurut Hermansyah, event tersebut digelar dengan tujuan mencari bibit-bibit baru atlet catur, dan mengembangkan olahraga catur agar lebih meningkat kedepannya.

“Dan ini juga persipan untuk tim pra PON untuk uji tanding di kegiatan dalam mengikuti pra PON di Kalteng pada bulan November mendatang,” ungkapnya.

Ia berharap atlet catur Kalsel dapat membangkitkan prestasi olahraga catur di Banua. “Karena Kalsel pernah menjadi yang terbaik juga di olahraga catur, dulu sangat berprestasi,” tutupnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *