Pelatihan Dasar CPNS Tingkatkan Kemampuan dalam Menjalankan Tugas sebagai Abdi Negara

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar pada pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III dan Golongan II. MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Kalsel melaksanakan Upacara Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan XXI s.d. XXVII dan Golongan II Angkatan VII s.d. XVII di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan kabupaten/kota se-Kalsel Tahun 2022, Banjarbaru, Selasa (31/8/2022).

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar menyebutkan, para peserta kiranya dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, dan memaknai pelatihan dasar ini bukan hanya untuk memenuhi persyaratan menyandang status PNS, tetapi sebagai bekal meningkatkan kemampuan dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

“Kini saatnya bagi saudara sekalian diuji melewati satu tahapan lagi, agar menjadi pegawai negeri, yaitu pendidikan dan pelatihan dasar CPNS,” kata Roy.

Roy meminta agar seluruh peserta bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan dasar nantinya dan jangan memandang pelatihan dasar ini sebagai suatu formalitas.

Disampaikan Roy, pelatihan dasar ini harus dioptimalkan agar peserta dapat memahami kondisi dunia pemerintahan dan birokrasi secara menyeluruh, serta segala aturan mulai dari tata organisasi pemerintah, sikap dan perilaku, disiplin PNS, aturan kepegawaian dan aspek-aspek lainnya yang terkait dengan tugas sebagai pelayan masyarakat, penyelenggara pemerintahan dan pelaksana pembangunan.

“Ketika saudara-saudara telah menentukan pilihan menjadi pegawai negeri, maka saudara sekalian harus benar-benar menyadari, bahwa seorang pegawai negeri diatur sejumlah aturan. Saudara sekalian harus siap mengikuti aturan-aturan kepegawaian,” jelas Roy.

Roy meminta, seluruh peserta untuk memahami dan menerapkan dengan baik kewajiban sebagai pegawai negeri dan selalu ingat dengan kewajiban serta jangan cuma ribut menuntut haknya.

“Kita harus lebih sibuk mengurusi kewajiban dari pada hak, karena hak akan selalu mengikuti kewajiban. Ingatlah di pundak saudara sekalian ada amanat rakyat yang harus dilaksanakan,” tegas Roy.

Diharapkan seluruh peserta dapat memanfaatkan diklat ini secara maksimal, mempelajari dan memahami seluruh materi yang disampaikan nantinya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai