Sambut HUT RI dan Harjad Kalsel Dengan Kemeriahan Festival Olahraga Tradisional

Gubernur Kalsel sekaligus Ketua Kormi Kalsel, Sahbirin Noor mencoba permainan olahraga tradisional Supit pada kegiatan Festival Olahraga Tradisional di sepanjang Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Minggu (14/8/2022). MC Kalsel/tgh

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) sekaligus Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kalsel Sahbirin Noor ikut berpartisipasi mengikuti berbagai lomba dalam Festival Olahraga Tradisional di Jalan Lambung Mangkurat dalam rangka Hari Jadi Provinsi Kalsel ke 72.

Sahbirin Noor mengatakan, olahraga tradisional ini merupakan olahraga yang merupakan tradisi dan warisan budaya yang harus dilestarikan dan dijaga. 

“Saya jadi ingat waktu kecil bermain, seperti nostalgia,” kata Sahbirin, Minggu (14/8/2022).

Lanjut, festival ini merupakan semarak kemeriahan dalam rangka Hari Jadi Provinsi Kalsel ke 72 yang mana sebelumnya ada festival pasar terapung.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, kemeriahan Hari Jadi Provinsi Kalsel juga dapat dirasakan oleh masyarakat banua,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bidang V Olahraga Tradisional Kormi Kalsel, Taufik Arbain didampingi Humas Kormi Kalsel, Yusni Hardi mengatakan hari jadi Provinsi Kalsel menjadi momentum untuk menguatkan, mengembangkan, mesosialisasikan dan edukasi kepada masyarakat Kalsel mengenai olahraga tradisional.

“Seperti yang diharapkan oleh Gubernur Kalsel menginginkan setiap even apapun Kormi harus hadir di tengah masyarakat,” kata Taufik.

Oleh karena itu, kehadiran Kormi di tengah masyarakat salah satunya adalah bagaimana meningkatkan dan mengembangkan kembali olahraga tradisional Kalsel.

Kemudian dengan adanya kegiatan hari ini membuktikan bahwa olahraga tradisional akan terus dikembangkan.

“Kormi Kalsel akan terus melakukan sosialisasi, konsolidasi kepada kabupaten/kota dalam rangka menviralkan olahraga tradisional lewat event yang akan kami laksanakan setiap bulan di berbagai daerah,” pungkasnya. 

Adapun olahraga tradisional yang diselenggarakan meliputi balogo, sumpit, lompat tali, silat budaya, egrang, bakiat, makan kerupuk dan lainnya, MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai