Agar Terjalin Sinergitas Pusat dan Daerah, ASKOMPSI Gelar Rapat Konsultasi

Rapat Konsultasi ASKOMPSI di Kota Batu, Jumat (9/4/2021).

Agar terjalin sinergitas program antara Pusat dan daerah, Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) menggelar Rapat Konsultasi dan Musyawarah Nasional Luar Biasa ASKOMPSI di salah satu hotel di Kota Batu.

Direktur Eksekutif ASKOMPSI, Eddy Santoso, yang juga ketua panitia Rapat Konsultasi ASKOMPSI mengatakan, penting sekali rapat ini diselenggarakan, mengingat selama ini belum maksimal sinergi antara pusat dan daerah.

“Selama ini pusat dan daerah belum satu frekuensi, belum nyambung, jadi seperti berjalan sendiri-sendiri,” jelas Eddy Santoso, Jumat (9/4/2021).

Rapat yang digelar secara luring dan daring ini tidak hanya sebagai sarana konsultasi, namun untuk mensinergikan program-program Diskominfo Provinsi agar sejalan dengan program kegiatan yang dikeluarkan Kementerian Kominfo sebagaimana harapan mewujudkan hasil Raker ASKOMPSI 2020 di Banjarmasin, Kalsel.

Eddy Santoso berharap, dengan diselenggarakannya rapat konsultasi ini, sinergitas pusat dengan daerah yang telah diperjuangkan ASKOMPSI sejak 2015 bisa segera tercapai.

Dengan sinergi, diyakini akan memudahkan terwujudnya peningkatan dan kesetaraan tingkat kemajuan implementasi pembangunan e-Gov melalui kolaborasi yang baik antara Provinsi dan Pemerintah Pusat.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, cikal bakal dibentuknya ASKOMPSI pertama kalinya dirintis dari Jawa Timur. ASKOMPSI dibentuk sejak tahun 2015 dengan tujuan agar mudah menampung silaturahmi antara pusat dan daerah. 

“Rupanya Asosiasi di tingkat Provinsi ini mendapat sambutan yang luar biasa dari Kepala Dinas Kominfo di Kabupaten/Kota. Akhirnya mereka membentuk Forum Kadis Kominfo Kabupaten Kota seluruh Indonesia (FORK4SI),” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, juga dilaksanakan musyawarah nasional luar biasa untuk memilih Ketua ASKOMPSI yang baru.

Terpilih sebagai Ketua ASKOMPSI yang baru adalah Sudarman, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Musyawarah Nasional luar biasa ini dilaksanakan karena ketua yang lama, Achmad Chrisna Putra pindah tugas menjadi Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Lampung.

Hadir dalam rapat, Direktur SUPD II Ditjen Bina pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kominfo RI, Rudiantara Menteri Kominfo Kabinet Indonesia Maju (2014-2019), seluruh Dewan Pengurus dan Anggota ASKOMPSI, FORK4SI beserta perwakilan Kadiskominfo Kab/Ko seluruh Indonesia.(Dinas Kominfo Prov Jatim/non). MC Kalsel/ARH

Mungkin Anda Menyukai