Wujudkan Birokrasi yang Baik Melalui Pelatihan Dasar CPNS

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar. MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Kalsel melaksanakan Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan XIII sampai dengan XX serta Golongan II Angkatan III sampai dengan VI kabupaten/kota se-Kalsel Tahun 2022, Banjarbaru, Selasa (2/8/2022).

Kegiatan ini diikuti 480 peserta, terdiri dari CPNS Golongan III sebanyak 320 orang, CPNS Golongan II sebanyak 160 orang.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar menyebutkan, esensi dari birokrasi pemerintahan di suatu negara menghadirkan pelayanan publik yang baik, terutama berkaitan dengan beberapa pelayanan dasar seperti pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, pelayanan sosial dan ekonomi.

“Birokrasi pemerintahan berfungsi menjalankan tugas-tugas administratif, menjalankan peran dan fungsi sebagai regulator dan pelaksana kebijakan, dalam rangka melaksanakan visi misi pembangunan nasional dan daerah, sehingga melalui kegiatan ini nantinya dapat mewujudkan Aparatur Sipil Negara yang menjalankan pekerjaan sesuai jabatan dan tugas pokok serta fungsinya masing-masing,” kata Roy.

​Roy menyampaikan, selama ini pemerintah tingkat pusat maupun daerah, terus berupaya melakukan reformasi birokrasi, memperkuat kapasitas dan kompetensi SDM aparatur untuk merubah pandangan tersebut.

“Salah satu upayanya adalah melalui proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil secara terbuka, adil dan transparan,” ujar Roy.

Roy mengharapkan, terpilih putra-putri terbaik bangsa ini mampu menjalankan tatanan birokrasi secara ideal.

Untuk itu, disampaikan Roy, menjadi seorang Aparatur Sipil Negara di zaman ini dan kedepan tantangannya begitu berat, tidak hanya pengabdian dan kompetensi saja, namun juga dituntut untuk adaptif dengan perubahan yang begitu cepat.

“Kepada seluruh peserta pelatihan, bersungguh-sungguhlah mengikuti semua rangkaian kegiatan ini agar dapat memberikan kontribusi besar untuk pembangunan Kalsel,” kata Roy. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai