Berikan Pembelajaran Seni Drama, Taman Budaya Gelar Dialog Teater

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti saat membuka kegiatan dialog seni dan workshop teater di gedung Balairung Sari, Banjarmasin, Rabu (27/7/2022). MC Kalsel/usu

Tingkatkan ilmu kesenian di bidang seni pertunjukan teater, Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalsel menggelar dialog dan workshop teater dengan tema “Membangun karakter melalui proses kreatif teater”.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wadah para penggiat seni teater dalam melakukan berbagi ilmu dan pengalaman,” ucap Kepala UPTD Taman Budaya Prov. Kalsel, Suharyanti, Banjarmasin, Rabu (28/7/2022).

Dalam kegiatan Dialog Teater ini, pihaknya mengundang seniman dari lokal maupun nasional. Sedangkan narasumber berjumlah tiga orang yaitu seniman lokal Rudi Karno dan Bayu Lestari, dan dari nasional Rukman Rosadi.

“Kita sengaja mengundang Rukman Rosadi, karena dari pengalaman beliau bergelut di dunia teater sudah lama, serta juga banyak mendapatkan prestasi dan saat ini berhasil masuk ke industri film Indonesia,” tuturnya.

Suharyanti berharap dari Dialog Teater ini bisa menjadi salah satu sarana para seniman lokal untuk meningkatkan kualitas teater di Kalsel dan terus berkembang sampai bisa menembus pasar nasional.

“Serta kami berencana di tahun depan akan mengadakan perlombaan teater,” katanya.

Sementara itu, salah satu barasumber Dialog Teater, Rukman Rosadi memberikan pesan kepada para seniman lokal, apabila ingin dilirik oleh perfilman nasional buatlah sosial media yang dimiliki menjadi wadah promosi.

“Karena dari sana lah para produser dapat mengetahui skill yang kalian miliki,” pungkasnya. 

Untuk kegiatan ini diikuti oleh para seniman dari 13 kabupaten/kota yang diwakili dua orang di setiap daerah, dan disiarkan secara langsung di Channel Youtube Taman Budaya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai