Akselerasi Humas Pemprov Kalsel di Era Digital

Diskusi Kepala Dinas Kominfo Kalsel, M Muslim (tengah) dan jajaran. MC Kalsel/EPN

Era digital yang serba cepat menuntut Humas pemerintah untuk bisa berakselerasi dalam menyampaikan dan mengkomunikasikan kebijakan pembangunan ke masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kalimantan Selatan (Kalsel), M Muslim, mengatakan pesatnya perkembangan media online dan media sosial yang hadir sebagai media baru (new media) di era digital ini harus bisa dimanfaatkan untuk mendukung keberhasilan pembangunan daerah melalui komunikasi publik yang efektif dan efisien.

“Keberhasilan kebijakan pimpinan dalam membangun daerah, bisa dilihat dari kinerja perangkat daerah. Oleh karena itu, tugas kami sebagai Humas Pemprov Kalsel untuk bisa menyampaikan dan mengkomunikasikan kinerja SKPD ke masyarakat, terutama yang termasuk dalam prioritas daerah,” kata Muslim, Banjarbaru, Rabu (27/7/2022).

Dalam menjalankan perannya ini, Muslim menyebutkan Dinas Kominfo Kalsel mengelola media online Media Center Kalsel dan Abdi Persada yang bisa diakses melalui laman https://diskominfomc.kalselprov.go.id/ dan https://abdipersadafm.co.id/, disamping media sosial, videotron, dan radio.

“Melalui media-media yang kami miliki ini, kami berharap kebijakan pembangunan dapat tersampaikan ke berbagai kalangan masyarakat sesuai segmentasinya, sekaligus bisa menjadi sarana untuk menghimpun partisipasi publik,” kata Muslim.

Tidak hanya itu, Muslim mengatakan Dinas Kominfo Kalsel juga berupaya untuk lebih sensitif terhadap isu-isu yang berkembang, terutama isu negatif yang bisa mempengaruhi reputasi, dengan memanfaatkan big data melalui aplikasi media monitoring.

Muslim menilai, monitoring yang dilakukan secara rutin sangat membantu untuk mengetahui reputasi Pemprov Kalsel di masyarakat melalui media, sebagai salah satu kontrol jalannya pemerintahan.

“Setiap hari kami memantau isu-isu yang berkembang melalui media monitoring agar bisa segera ditindaklanjuti. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya krisis dalam pemerintahan, sebagai dampak dari isu negatif yang tidak direspons secara cepat dan tepat,” ucap Muslim. MC Kalsel/AY/EPN

Mungkin Anda Menyukai