Kader Posyandu Balangan Raih Juara Umum Pada Jambore Kader Posyandu Tingkat Provinsi

Penutupan Jambore Kader Posyandu Tingkat Provisni Kalimantan Selatan Tahun 2022 di Banjarmasin, Jumat (20/5/2022). MC Kalsel/tgh

Kader Posyandu Kabupaten Balangan berhasil raih juara umum pada ajang Jambore Kader Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2022 yang digelar di Banjarmasin.

Penyerahan tropi dan hadiah langsung dilakukan oleh Gubernur Kalsel diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sulkan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga, Alipah.

Sulkan mengatakan, jambore kader posyandu yang telah dilaksanakan ini, semakin meneguhkan keyakinan, bahwa kader posyandu memiliki potensi besar untuk mendukung pembangunan kesehatan, khususnya pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak.

“Keberadaan posyandu yang sudah ada sejak lama, tentu saja tidak boleh kita abaikan dan harus mendapat perhatian dari semua pihak, terutama dari kader-kader posyandu itu sendiri,” katanya saat menyampaikan sambutan tertulis Gubernur, Jumat (20/5/2022) malam.

Menurutnya, kader posyandu mampu melakukan langkah-langkah edukatif untuk mendampingi masyarakat dalam menjalani proses pemecahan masalah kesehatan. Peran kader dalam penyelenggaraan posyandu sangat besar, karena para kader tidak hanya sebagai pemberi informasi kesehatan, tetapi juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Untuk itu, masalah mendasar kesehatan yang masih dihadapi hingga saat ini adalah masih tingginya angka kematian ibu, angka kematian bayi, serta masih ditemukannya prevalansi balita yang menderita gizi kurang dan gizi buruk. 

“Kita harus optimis dan yakin, bahwa permasalahan kesehatan di banua bisa ditangani. Tidak ada satupun permasalahan di dunia ini yang tidak bisa diselesaikan, jika kita mau dan tidak pernah putus asa dalam berusaha,” ujarnya.

Ia berharap, kader-kader posyandu, mempunyai tekad yang kuat dan tidak pernah mundur untuk mengatasi permasalahan kesehatan di masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin berharap melalui jambore kader posyandu ini, akan mampu mempercepat kesejahteraan keluarga di banua, terutama 10 program pokok PKK.

Pada jambore kader posyandu tingkat Provinsi Kalsel tahun 2022 ini, kata Diauddin, juga akan diberikan penghargaan kepada pengelola posyandu terbaik dan dilaksanakan berbagai kegiatan lomba kader Posyandu.

Untuk diketahui adapun kategori juara pada Jambore kader Posyandu tingkat Provinsi pertama kategori cerdas cermat yaitu Juara 3 Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Juara 2 Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan Juara 1 Kabupaten Tapin. Kategori menyusun menu makanan yaitu Juara 3 Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Juara 2 Kabupaten Batola, dan Juara 1 Kabupaten Kotabaru.

Kategori pemantauan pertumbuhan bayi yaitu Juara 3 Kabupaten Tapin, Juara 2 Kabupaten Balangan dan Juara 1 Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Kategori mengiasi KMS buku KIA Juara 3 Kota Banjarmasin, Juara 2 Kabupaten Banjar dan Juara 1 Kabupaten Tabalong.

Kategori penyuluhan kesehatan yaitu Juara 3 Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Juars 2 Kabupaten Tabalong, Juara 1 Kota Banjarbaru. Kategori penampilan kontingen Juara 3 Kabupaten Kotabaru, Juara 2 Kabupaten tanah laut, dan Juara 1 Kabupaten balangan. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai