Pemprov Kalsel Raih Juara Umum FASI XI Tingkat Nasional

Direktur Nasional LPPTKA BKPRMI Gunawan kepada Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Sabtu (23/7/2022). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil meraih juara umum Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XI Tingkat Nasional Tahun 2022 di Sumatera Selatan, Palembang pada tanggal 24 – 27 Maret 2022 lalu.

Penyerahan piala juara umum langsung dilakukan oleh Direktur Nasional LPPTKA BKPRMI Gunawan kepada Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Sabtu (23/7/2022).

Ketum DPP BKPRMI Said Aldi Alidrus diwakili Direktur Nasional LPPTKA BKPRMI Gunawan HS mengatakan, terselanggaranya FASI XI merupakan perjalanan panjang yang semula dijadwalkan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah dialihkan ke Palembang, Sumatera Selatan. Di Palembang pun langsung proses yang sempat terhambat karena pandemi COVID-19 dan persiapan pelaksanaan hanya tiga minggu.

“Secara umum FASI ke XI berjalan sukses yang menetapkan Jabar sebagai juara umum sebelumnya,” ujar Gunawan.

Namun tiga minggu kemudian, ada laporan perlu perubahan penetapan juara umum, lantaran ada ketidaksesuaian data dan peserta. 

Akhirnya, dikeluarkan suatu perubahan yakni Jabar sebagai juara umum karena ada pengurangan nilai, lalu menetapkan Kalsel yang berada di runner up, sebagai juara umum.

“Awal Juni piala umum sudah diserahkan pihak Jawa Barat ke BKPRMI yang selanjutnya dibawa ke Kalsel,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor bersyukur atas terselanggaranya FASI ke XI di Palembang-Sumsel, dan kafilah Kalsel yang semula juara kedua, direvisi menjadi juara umum setelah dilakukan penyesuaian nilai akhir.

“Kalsel adalah daerah religius yang tentunya membawa kebanggaan masyakarat atas juara umum FASI ke XI,” kata Sahbirin.

Dikesempatan yang sama, Ketua BKPRMI Kalsel sekaligus Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah sangat meapresiasi atas raihan prestasi yang membanggakan. Karena Kalsel berhasil meraih juara umum FASI Tingkat Nasional. 

“Pemprov Kalsel melalui Dispora Kalsel akan menyiapkan bonus kepada para kafilah yang meraih juara satu, dua dan hingga juara harapan serta pelatih,” katanya.

Untuk diketahui prestasi yang dicapai kafilah Kalsel antara lain, juara I tartil putri atas nama Difa Salma Pertiwi dengan nilai 96,5, juara I tilawah putri atas nama Siti Solehah dengan nilai 98, juara III kisah islami diraih Nailah Azmi dengan nilai 85, dan juara III kaligrafi putri atas nama Najwa Salwa Husna dengan nilai 80.

Sebelumnya, kafilah Kalsel meraih juara umum FASI IX tahun 2014 di Kota Bandung, Jawa Barat dan FASI X tahun 2017 di Banjarmasin Provinsi Kalsel. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih