Hidupkan Perekonomian, BPTD Gandeng UMKM Tingkatkan Pelayanan di Terminal

Suasana Kios UMKM di Terminal Gambut Barakat. MC Kalsel/scw

Guna menghidupkan geliat di Terminal Gambut Barakat, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XV Kalimantan Selatan (Kalsel) menggandeng UMKM untuk meningkatan pelayanan bagi pengunjung atau pengguna terminal, Banjar, Kamis (16/6/2022).

“Saat ini terminal sudah ramai dan hidup kembali, jadi perlu peningkatan pelayanan dengan menggandeng UMKM, sehingga BPTD XV juga turut berpartisipasi menghidupkan perekonomian masyarakat terutama pelaku UMKM,” kata Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XV Wilayah Kalsel, Zulmardi.

Zulmardi menyebutkan, UMKM dikenakan sewa sesuai peruntukannya, diantaranya ada lahan, kios dan gerai ATM. Pengenaan sewa ini dinilai oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), dengan harga sewa bervariasi tergantung penilaian dari tim penilai. 

“Untuk waktu berjualan bebas menyesuaikan dengan jam operasional terminal yang aktif 24 jam, tapi efektif untuk kedatangan atau keberangkatan armada dan penggunaan terminal mulai pukul 05.00 sampai 20.00 WITA,” ujar Zulmardi

Guna pengembangan inovasi lainnya, BPTD XV Wilayah Kalsel merencanakan akan menjadikan Terminal Gambut Barakat sebagai pusat kuliner dan rekreasi.

“Kami mengharapkan, kegiatan di terminal menjadi salah satu penyumbang peningkatan perekonomian di Kalsel, transportasi aman, tertib, dan nyaman, sehingga ekonomi Kalsel meningkat,” ucap Zulmardi. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai