Peletakan Batu Pertama Penguatan Tebing Ponpes Darussalam

ubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor meletakkan batu pertama di kawasan Ponpes Darussalam Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu (12/6/2022). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan penguatan tebing Sungai Martapura di kawasan Ponpes Darussalam Martapura, Kabupaten Banjar.

Peletakan batu dilakukan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor beserta sejumlah tokoh ulama Martapura KH Wildan Salman, KH Khatim Salman, KH Hasanuddin, Guru Muaz, KH Fadlan Asy’ary, KM M Husin, KH Fauzan Shaleh, Guru Oton, dan segenap pimpinan  Ponpes Darussalam dan Jajaran Kepala SKPD.

Dikesempatannya, Sahbirin Noor mengatakan terlaksananya perkuatan tebing kawasan Ponpes Darussalam ini dianggarkan melalui uang rakyat. 

“Kita hanya jadi perantara, prinsipnya ini dari rakyat untuk rakyat dan oleh rakyat,” kata Sahbirin, Minggu (12/6/2022).

Dikesempatan yang sama, KH Hasanuddin Badruddin selaku Murabbi Ponpes Darussalam memberi apresiasi kepada Gubernur Kalsel atas dianggarkan perkuatan tebing di kawasan Ponpes Darussalam ini. 

“Tanpa beliau, perkuatan tebing Ponpes Darussalam ini tidak terlaksana karena anggarannya sangat besar,” ucap Hasanuddin.

Sementara itu, Plt Kadis PUPR Kalsel Ahmad Solhan mengatakan perkuatan tebing di pinggir Sungai Martapura kawasan Ponpes Darussalam dianggarkan melalui APBD Kalsel 2022. Dinas PUPR Kalsel sebagai pelaksana kegiatan dengan anggaran sekitar Rp21,9 miliar.

“Total pembuatan perkuatan tebing sepanjang 171,25 × 6 meter dengan masa pekerjaan 227 hari kalender dengan masa pengerjaan sampai 31 Desember 2022,” kata Solhan.

Adapun pekerjaan siring tersebut meliputi pemasangan tiang pancang beton di sepanjang kawasan tersebut. 

“Jadi pengerjaan pemasangan tiang pancang beton menggunakan media tongkang agar tidak mengganggu aktivitas warga sekitar,” ungkapnya.

Saat ini sudah mulai dilaksanakan yaitu pembongkaran bangunan Ponpes dan dapur rumah yang terdampak. Untuk pelaksana pekerjaan CV Nangroe Investama dan konsultan supervisi CV Andalusia. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai