Peringati Hari Kartini di Kalsel, DPPPA Gelar Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan

Suasana pada Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan yang Paham tentang Keteladanan Peran Serta Perempuan dalam rangka Peringatan ke-144 Hari Kartini di Kalsel. DPPPA Kalsel/dok

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan yang Paham tentang Keteladanan Peran Serta Perempuan dalam rangka Peringatan ke-144 Hari Kartini di Kalsel, guna meningkatkan  komitmen, kerjasama dan koordinasi antara dinas, instansi dan lembaga provinsi dengan dinas, instansi dan lembaga pemerintah kabupaten/kota terkait pada peningkatan partisipasi perempuan dalam berbagai bidang.

“Kegiatan bertujuan meningkatkan kepedulian pemerintah daerah dalam mendorong kinerja perempuan untuk berprestasi pada bidang-bidang tertentu,” kata Staf Ahli Sumber Daya Manusia dan Kemasyarakatan, Husnul Hatimah, Banjarbaru, Rabu (25/5/2022).

Perjuangan perempuan masih jauh dari kata selesai. Persoalan-persoalan kesetaraan hak perempuan harus diperjuangkan. 

“Semangat kartini hendaknya menjadi motivasi perempuan hebat Kalsel untuk mewujudkan ketahanan keluarga. Peran seorang perempuan dalam keluarga tidak bisa dipandang sebelah mata, perempuan memiliki peran besar sebagai madrasah pertama bagi anak,” kata Husnul.

Menurut Husnul, momen ini menjadikan kaum perempuan harus memiliki pengatahuan yang lengkap, agar pendidikan anak khususnya dimasa keemasannya dapat optimal.

“Perempuan yang berpengetahuan memiliki peran besar dalam berbagai segi kehidupan, ketika perempuan diberikan kesempatan dalam proses pembangunan, maka keberhasilan pembagunan akan lebih mudah dicapai. Hal ini akan mempercepat perwujudan keseteraan atau keadilan gender,” kata Husnul.

Dengan sosialisasi ini, dapat dipahami bahwa peran perempuan saat ini tidak hanya identik pada ranah domestik, tetapi juga berperan di sektor publik.

Perempuan sudah memiliki profesi diberbagai bidang yang dapat menunjang perekonomian keluarga. Namun peran ganda yang dimiliki perempuan tidak serta merta menjadikan kaum laki-laki menjadi tidak berperan dalam masyarakat dan keluarga. Ketahanan keluarga memerlukan stabilitas dimana laki-laki dan perempuan dapat melakukan perannya dengan baik dan menjadi mitra yang sejajar.

Husnul mengajak perempuan Kalsel siap untuk meningkatkan kualitas diri dan keluarga serta terus berkarya menyumbangkan ide dan gagasan pembaruan, serta terus berjuang untuk kepentingan rakyat, daerah, bangsa dan negara. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih