BLK Kalsel Berikan Pembelajaran Keterampilan Melalui Lima Pelatihan

Kepala Balai Latihan Kerja Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yusfiansyah di ruang kerjanya, Banjarbaru, Senin (23/5/2022).

Dalam rangka meningkatkan keterampilan untuk masyarakat, Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan lima Pelatihan keterampilan bagi pencari kerja berbasis kompetensi tahap ke dua.

Kepala Balai Latihan Kerja Provinsi Kalsel, Muhammad Yusfiansyah mengatakan, pelatihan tahap dua ini telah di mulai sejak 10 Mei 2022 dan terakhir pelatihan 29 Juni 2022.

“Ada 5 kejuruan yang telah dibuka yaitu administrasi perkantoran, servis AC mobil, tata kecantikan kulit dan rambut, Las SMAW 3G dan otomasi elektronika,” ucapnya, Banjarbaru, Senin (23/5/2022).

Lanjut Yusfiansyah, pada tahap ke dua ini sebanyak 16 peserta yang lolos tes sebelumnya, akan melakukan pelatihan pada setiap jurusan yang mana total jam pelatihan 260 jam.

Ia mengatakan, pada tahun 2022 Balai Latihan Kerja Provinsi Kalsel membuka lima tahap pelatihan yang didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN).

“Dan pada tahap dua ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” katanya.

Lanjut, Yusfiansyah menambahkan, setelah para peserta melaksanakan pelatihan di BLK, kemudian akan mengikuti magang di perusahaan yang telah bekerja sama selama kurang lebih dua bulan.

“Disaat itu lah, para peserta akan mempraktekkan hasil pembelajarannya selama mengikuti pelatihan di BLK,” ungkapnya.

Selain itu, untuk tahap ketiga, pihaknya merencanakan akan dibuka pendaftaran mulai 30 Juni 2022.

“Nantinya untuk masyarakat yang ingin mendaftarkan dirinya, bisa cek website resmi kementerian tenaga kerja www.kemnaker.go.id atau bisa datang langsung ke kantor BLK yang di Banjarbaru,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai