Dispar Kalsel Ajukan Pengembangan Lima Destinasi Wisata Prioritas

Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin, di Banjarmasin, Rabu (18/5/2022). MC Kalsel/Jml

Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mengajukan pengembangan lima destinasi pariwisata prioritas yang akan dituangkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Kalimantan Selatan (Kalsel) pada tahun 2022 ini.

Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin, mengatakan lima destinasi pariwisata prioritas tersebut adalah dua destinasi wisata religi, destinasi wisata sungai, destinasi kerbau rawa, dan Geopark Meratus.

“Untuk destinasi wisata religi ada dua yang akan kita ajukan dan kembangkan yakni, wisata religi Sekumpul, dan Datu Kelampaian, kemudian untuk wisata susur sungai kita berencana mengembangkan destinasi dibawah jembatan Barito, kemudian Kerbau Rawa, dan Geopark Meratus,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Rabu (18/5/2022).

Syarifuddin menambahkan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan perencanaan pembangunan lima destinasi pariwisata prioritas tersebut, khususnya destinasi wisata dibawah jembatan Barito, yang mana pembangunan fisiknya direncanakan pada tahun 2023 mendatang.

Menurut Syarifuddin, pembangunan destinasi wisata di bawah jembatan Barito memiliki potensi yang cukup besar sebagai rest area, mengingat letaknya yang ada di dekat perbatasan antara Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

“Untuk destinasi wisata dibawah jembatan Barito, selain infrastrukturnya kita juga akan mengembangkan SDM untuk meningkatkan kearifan lokal baik itu disektor kuliner, fashion, dan juga atraksi seni pertunjukan. Itu semua akan kita siapkan dengan baik agar masyarakat yang keluar masuk dari dua provinsi ini, khususnya dari Kalimantan Tengah bisa beristirahat sembari menikmati kearifan lokal Kalsel,” kata Syarifuddin.

Sementara untuk destinasi wisata Kerbau Rawa, Syarifuddin menilai wisata ini memiliki keunikan tersendiri yang bisa menarik wisatawan, tidak hanya nusantara tetapi juga wisatawan mancanegara.

“Oleh karena itu wisata ini juga akan kita hidupkan kembali, tahun ini perencanaannya akan kita selesaikan dan Insya Allah pembangunan fisiknya akan kita lakukan di tahun depan,” kata Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai