Pemprov Kalsel Tanggulangi Berita Negatif dan Hoaks

ekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar menyampaikan peran generasi muda untuk memahami nilai kebangsaan. Ini disampaikan saat mengikuti program Banua Bicara bersama Lemhanas di studio II TVRI Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Selasa (10/5/2022). MC Kalsel/Fuz

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar menyampaikan kondisi Pemerintah Daerah dalam menanggulangi krisis berita hoaks atau pemberitaan yang tidak benar.

Hal ini disampaikannya, saat menghadiri Talkshow Program Banua Bicara bersama Kepala Lemhanas Andi Widjajanto dan Rektor Universitas Lambung Mangkurat Sutarto Hadi di Studio II TVRI Kalimantan Selatan di Banjarmasin.

Roy menjelaskan, jika Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memiliki pengalaman terkait pemberitaan yang dikonsumsi oleh masyarakat.

“Kalau di Kominfo itu ada portal yang mendeteksi yang mana hoaks dan tidak itu di pusat, kemudian kita juga bekerja sama dengan pihak ketiga dalam rangka menganalisa isu setiap hari,” sebut Roy, Selasa (10/5/2022).

Dijelaskan, atas hasil laporan isu itu kemudian ditelaah, apakah negatif atau bahkan kebenaran berita tersebut, tentunya isu itu akan dimintakan kepada SKPD untuk menjawab atau menyikapi.

“SKPD teknis akan memberikan klarifikasi jika ada pemberitaan negatif ataupun hoaks, langkah inilah yang menjadi dasar kita untuk meminimalis dampak-dampak hoaks,” tambah Roy.

Pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan membuka diri terkait keterbukaan informasi, sehingga pemberitaan yang negatif akan dijelaskan dengan informasi yang disampaikan oleh masing-masing SKPD.

Roy juga menyinggung, jika saat ini SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah memiliki website, termasuk juga media sosial yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

“Media kita jelas, kemudian website kita jelas, media sosial yang digunakan pemerintah juga jelas, sehingga informasi terkait SKPD, kegiatan, bahkan programnya itu sudah tersampaikan dengan baik dan benar, kemudian dampak berita hoaks atau pembalikan isu itu, bisa kita kurangilah, itu yang kita lakukan di Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan,” tuturnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih