Puncak Arus Mudik Jalur Laut Diperkirakan terjadi 27 April 2022, Empat Kapal Dioperasikan

Petugas berjaga di posko terpadu pelayanan arus mudik di pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Selasa (26/4/2022). MC Kalsel/scw

Dinas Perhubungan (Dishub) Kalimantan Selatan (Kalsel), Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin, dan Pelindo III Banjarmasin bersiap menghadapi puncak arus mudik jalur laut yang diprediksi terjadi besok (27/4) hingga 30 April mendatang.

“Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang telah meminta tambahan kapal penumpang dari pihak KSOP,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kalsel, Mirhansyah, Banjarmasin, Selasa (26/4/2022).

Di sisi lain, Mirhansyah mengatakan untuk KSOP Batulicin diperkirakan tidak mengalami lonjakan penumpang saat menyambut Idulfitri 1443 H ini.

“Umumnya di pelabuhan Trisakti (Banjarmasin) melayani rute pulau Jawa dengan tujuan utama Surabaya, sedangkan pelabuhan Batulicin kebanyakan melayani wilayah Makassar,” ujar Mirhan.

Sementara itu, Deputi Manager Perencanaan, Penumpang, dan Terminal Penumpang Banjarmasin, Syahria Murjani, mengatakan saat ini empat kapal disiapkan untuk arus mudik, dua dari Surabaya dan dua dari Banjarmasin.

Syahria mengatakan, peningkatan jumlah penumpang di pelabuhan Trisakti Banjarmasin telah terjadi sejak satu minggu lalu, dengan kenaikan lebih dari 100 persen.

“Kalau dilihat presentasi, dulu hanya 200 penumpang kalau sekarang 600 penumpang per hari, jadi per hari ada dua kapal yang hampir diisi 800 penumpang dengan tujuan Surabaya,” ujar Syahria.

Ia pun mengimbau agar calon penumpang dapat mempersiapkan dokumen keberangkatan dan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan.

“Penumpang diimbau untuk memperlihatkan bukti vaksin, KTP, tiket yang mana pengecekan akan dilakukan dari KKP dulu suratnya,” kata Syahria. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai