Poliklinik Psikologi RSUD Ansari Saleh Tetap Berikan Pelayanan Selama Ramadan

Psikolog Klinis RSUD Ansari Saleh Banjarmasin, Melinda Bahri. MC Kalsel/Ar

Selama Ramadan 1443 H, Poliklinik Psikologi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ansari Saleh Banjarmasin tetap memberikan pelayanan seperti biasa.

“Jadi, perbedaan hanya terjadi di jam kerja diperpendek bagi seluruh karyawan di rumah sakit,” ucap Melinda Bahri selaku Psikolog Klinis RSUD Ansari Saleh Banjarmasin sekaligus Ketua Ikatan Psikolog Klinis Kalsel, di Banjarmasin, Rabu (20/4/2022).

Disampaikan Melinda, pihaknya melayani konsultasi psikologi dari anak, remaja hingga dewasa, dan psikotest baik untuk kecerdasan maupun kepribadian.

“Jadi, sampai sekarang ini sudah tercatat pasien yang konsultasi psikologi itu cukup banyak yang ditangani dari masalah kecemasan dan depresi, jika dibandingkan dari awal pandemi COVID-19 itu sudah menurun pasien yang konsultasi psikologi. Padahal masalah psikologis di masa pandemi COVID-19 itu pasti ada, hanya saja akses mereka untuk berkonsultasi ke rumah sakit terhambat karena peraturan untuk berada di rumah sakit,” ujar Melinda.

Selama ini masyarakat yang melakukan konsultasi psikologi, lanjut Melinda, sudah dipermudah dengan dibukanya layanan online.

“Masyarakat sudah banyak berkonsultasi psikologi melalui via WhatsApp yang menceritakan dari faktor pola asuh orangtua, faktor ekonomi keluarga, pengalaman masa kecil, bullying, dan lainnya, serta hadirnya layanan online sangat membantu pasien untuk menenangkan masalahnya terlebih dahulu,” tambah Melinda.

Melinda pun mengatakan, orang yang memiliki riwayat psikologis cukup lama untuk bisa disembuhkan, karena depresi bisa muncul lagi.

“Maka dari itu, kita ajak berkomunikasi dengan orang terdekat agar bisa terhubung kembali dengan orang tersebut, dan bisa beradaptasi dengan keadaan saat ini,” kata Melinda. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai