Tagana Kalsel Dirikan Posko dan Bantu Evakuasi Korban Bangunan Ambruk di Gambut

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel, Achmadi, Kabupaten Banjar, Senin (18/4/2022). MC Kalsel/Rns

Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kalimantan Selatan (Kalsel) bergerak cepat membantu evakuasi korban ambruknya bangunan minimarket, di Gambut Kabupaten Banjar yang terjadi sore ini (18/4).

“Kondisi saat ini Tagana Kalsel beserta Tim SAR gabungan masih mencari korban yang belum ditemukan. Beberapa yang sudah ditemukan langsung di evakuasi ke Rumah Sakit Agung Banjarbaru, Rumah Sakit Bhyangkara, Rumah Sakit Ulin,” kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel, Achmadi, Kabupaten Banjar, Senin (18/4/2022).

Sesuai arahan Gubernur Kalsel, selain evakuasi korban, Tagana Kalsel juga mendirikan posko pengaduan keluarga hilang.

“Dari awal kejadian pada pukul 17.30 WITA, pihak kita langsung terjun ke lapangan dengan berbagai peralatan. Saat ini juga beberapa masih ikut evakuasi pencarian korban,” ucap Achmadi.

Tagana Kalsel, lanjut Achmadi, juga mendatangi sejumlah rumah sakit untuk melakukan pendataan lebih lanjut. Sementara, tercatat 17 orang menjadi korban pada kejadian tersebut.

“Total keseluruhan sampai saat ini ada 17 orang, dimana 9 orang telah ditemukan dalam kondisi hidup, dan ada 6 orang yang masih dinyatakan hilang atau belum ditemukan, 1 dinyatakan TMD,” ucap Achmadi.

Achmadi pun mengatakan pihaknya juga mendirikan posko dapur umum untuk konsumsi para relawan yang bekerja keras untuk mengevakuasi korban yang masih tertimbun.

“Dari info terakhir yang kami dapat runtuhnya bangunan 3 lantai tersebut dikarenakan fondasi tanah yang tidak stabil, bukan gempa seperti apa yang diberitakan di media sosial,” kata Achmadi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih